customer.co.id – ndustri asuransi mulai menggeliat seiring berangsur pulihnya kondisi ekonomi pascapandemi Covid 19. Hal itu menjadi peluang besar bagi perusahaan asuransi jiwa untuk menggarap pasar yang mulai tumbuh ke arah normal.

Direktur & General Manager Agency Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) Novita J Rumngangun, optimistis kinerja pihaknya bakal semakin positif melihat kondisi ekonomi Indonesia.

“Kami menyadari minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi mulai meningkat terutama sejak adanya pandemi. Hal ini terlihat dari hasil survey Manulife Asia Care 2020 yang yang menyatakan 72 persen responden Indonesia ingin membeli polis baru dalam enam bulan ke depan,” ujar dia dalam keterangannya, Minggu (9/10/2022).

Tingginya minat berasuransi berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan asuransi jiwa, termasuk Manulife Indonesia. Tercatat, sepanjang 2021, Manulife Indonesia meraih pendapatan bersih premi asuransi Rp 12,1 triliun. Jumlah itu meningkat 42 persen dibandingkan 2020. Pertumbuhan signifikan itu didorong kenaikan pendapatan premi di tahun yang sama.

Sementara Kinerja premi bisnis baru di 2021 tumbuh 35 persen dari sebelumnya Rp 5,6 triliun menjadi Rp 7,5 triliun (berdasarkan Annualized Premium Equivalent).

Berdasarkan Laporan Kinerja 2021 dari 58 perusahaan anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), industri asuransi jiwa mencetak pendapatan mencapai Rp 241,2 triliun atau naik 12 persen.

Novita menyebutkan, Manulife senantiasa melakukan inovasi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat yang beragam. Manulife juga melakukan inovasi layanan seperti MiEclaim yang mempermudah nasabah dalam mengajukan llaim melalui kanal digital. Termasuk membekali para tenaga pemasar dengan berbagai platform digital untuk memudahkan mereka memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat luas. Terutama dalam hal kemudahan pencairan klaim. Sepanjang tahun 2021, Manulife Indonesia membayar klaim senilai Rp 8,9 triliun.

“Agen merupakan profesi mulia. Tidak hanya bicara mengenai bisnis, atau sekadar closing hingga nasabah menerima polis mereka. Agen atau yang kami biasa sebut Life Planner juga berkontribusi meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, sehingga lebih sadar akan perencanaan masa depan dan keuangan,” ujar dia.

Kebutuhan agen memang sangat diperlukan, apalagi penetrasi asuransi di Indonesia baru 4 persen dari populasi penduduk. Padahal, jumlah agen asuransi masih minim.

Hingga September 2022, tercatat agen Manulife Indonesia mencapai 8.589 agen. Peningkatan signifikan itu sesuai target yang ditetapkan di awal tahun yakni penambahan 7.777 agen baru di tahun ini. Padahal pada 2019, agen Manulife Indonesia baru 4.593 orang. Kemudian pada 2020 naik menjadi 5.978 orang.

Sementara itu, Business Director Manulife Surabaya Felicia Hadiwibowo mengakui, potensi asuransi di Indonesia masih besar. Hal itu menjadi peluang bagi para agen asuransi. Ia memiliki 225 agen yang tersebar di sejumlah kota seperti Surabaya, Malang, Blitar, Semarang, Jember, Denpasar, Papua, dan Jakarta. Dengan perkembangan teknologi digital, ia bisa merekrut banyak agen di berbagai kota secara daring.

“Manulife menyediakan teknologi digital tools yang memudahkan para agen bekerja di mana saja. Selain itu, adanya perubahan sistem kompensasi juga menarik bagi para agen,” ucap Felicia.

Pelatihan juga bisa diakses secara online. Ia berharap tahun depan, jumlah agen bisa melampaui 500 orang.

Pada kesempatan terpisah, Business Director Manulife asal Jakarta, Angellia SP menilai pasar asuransi prospektif. Data terbaru OJK menunjukkan pada 2019, Indeks Inklusi Keuangan 76,19 persen. Angka itu jauh dibandingkan Singapura sebesar 98 persen, Malaysia 85 persen, dan Thailand 82 persen.

Selain itu, kemudahan klaim yang dilakukan oleh Manulife menjadi daya tarik bagi agen yang ingin bergabung.

Sementara itu, Business Director Manulife asal Surabaya, Yusuf Gunawan mengatakan, produktivitas meningkat tiga kali lipat selama pandemi Covid-19 dibandingkan sebelum pandemi.

“Selama WFH (work from home), kami tak henti-hentinya memberikan layanan dari rumah, termasuk closing,” ujarnya.

Yusuf mengungkapkan, pada 2020, jumlah man power yang dimilikinya sebanyak 250 orang, kemudian meningkat dua kali lipat menjadi 500 orang pada 2021, kini mencapai 700 orang dengan 70 persen di antaranya dari tenaga muda. Hingga akhir tahun 2022, Yusuf menargetkan jumlah anggota agen mencapai 1.000 orang.

Dengan berkantor pusat di Surabaya, agen tersebut mempunyai jaringan yang tersebar di enam kota meliputi Jakarta, Medan, Tangerang, Pontianak, Makassar, dan Lampung.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News