customer.co.id – Ingin tahu jenis-jenis motivasi kerja yang dapat memberikan stimulus semangat bagi para karyawan untuk terus berkarya?

Motivasi kerja ini juga dapat menentukan kesuksesan seseorang dalam bidang pekerjaan mereka, lho!

Kenali jenis-jenis motivasi kerja yang dapat meningkatkan kualitas seorang karyawan yang akan Finansialku paparkan lewat artikel berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Miliki Motivasi Kerja untuk Raih Kesuksesan

Orang yang sukses mampu meraih kesuksesan dan mimpi mereka karena mereka telah menemukan motivasi kerja dalam dirinya.

Orang sukses berusaha untuk secara konsisten berdedikasi dengan apa yang mereka kerjakan, seperti bangun lebih pagi dari orang lain, berpikir keras memiliki strategi perencanaan sebelum eksekusi, tak kenal lelah untuk belajar, mengeksplorasi pengetahuan yang ada sesuai dengan bidang kerja mereka, dan lain sebagainya.

Mereka berusaha untuk meningkatkan kualitas kinerja dengan mengejar nilai-nilai etos kerja yang positif seperti kerja keras, disiplin tinggi, konsistensi, tanggung jawab, dan lainnya.

Mengapa mereka melakukannya dan dapat mampu meraih kesuksesan yang mereka impikan?

Karena mereka telah menemukan motivasi kerja dalam diri mereka yang membuat mereka memiliki kualitas dan performa kerja yang baik.

Jika Anda, seorang pemberi kerja, menemukan karyawan atau anggota tim yang memiliki semangat kerja seperti di atas, tentu Anda akan sangat diuntungkan olehnya bukan?

Jenis-jenis Motivasi Kerja

Bagi Anda para karyawan, berikut ini jenis motivasi kerja yang dapat meningkatkan kualitas dan performa kerja Anda agar semakin dekat dengan mimpi dan kesuksesan yang ingin Anda raih.

#1 Motivasi Terjamin Secara Finansial

Menurut sebuah sumber, uang merupakan motivasi dasar dari seorang individu bekerja.

Upah berupa gaji atau imbalan finansial dapat menjamin kehidupan jasmani seorang individu, bahkan keluarga yang harus ia nafkahi.

Sebut saja seorang kepala keluarga pasti akan memiliki motivasi untuk semangat bekerja karena harus membiayai kebutuhan dari istri dan anak-anaknya.

Setidaknya kebutuhan jasmani dari sandang, pangan dan papan akan terjamin dan inilah yang menjadi dasar motivasi seseorang untuk bekerja.

Dengan adanya imbalan berupa gaji, seseorang akan termotivasi untuk melakukan tugas dan tanggung jawab mereka terhadap atasan atau berbagai pihak yang terkait dengan bidang pekerjaannya.

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

Namun sayangnya, jika motivasinya hanya terletak pada imbalan atau gaji, tentu ketika sudah tidak menerima upah atau tidak mendapatkan imbalan yang dirasa sepadan, pekerja tersebut cenderung akan menurun semangat kerjanya.

Hasilnya, tentu akan merugikan pihak pemberi kerja atau perusahaan.

Tidak hanya melakukan bagian pekerjaan dengan asal-asalan atau tidak disiplin dalam bekerja, mereka yang motivasi bekerjanya menurun bisa saja mangkir dan mencari pekerjaan lain yang imbalannya lebih besar.

#2 Motivasi Memberikan Buah Karya Terbaik

Jenis motivasi kerja yang satu ini begitu mulia.

Mengapa bisa disebut demikian?

Karena karyawan yang memiliki motivasi kerja ini hanya ingin memberikan yang terbaik dari pekerjaan yang ia lakukan.

Terlepas dari besarnya bayaran atau upah yang ia terima, bahkan walaupun tanpa dibayar sekalipun, mereka yang memiliki motivasi kerja seperti ini akan tetap mengerjakan pekerjaan tersebut dengan senang hati.

Ini dikarenakan ia memiliki kepuasan tersendiri dengan melakukan yang terbaik, dan mereka merasa sudah mendapatkan upah mereka dengan hasil kinerja yang dirasa memuaskan.

#3 Motivasi Kenaikan Jabatan atau Adanya Jenjang Karier

Jenis motivasi kerja yang satu ini juga banyak menjadi motor penggerak dalam diri para karyawan. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, Anda tentu akan berjuang dengan keras untuk tidak hanya menyelesaikan tugas pekerjaan sehari-hari, tetapi juga bagaimana berusaha untuk meningkatkan produktivitas dan performa kerja melalui pengembangan diri dan peningkatan skill atau kemampuan, baik itu hard skill maupun soft skill.

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

Tanpa disadari, mereka yang memiliki motivasi untuk dapat naik jabatan, akan bersaing dengan rekan kerja lainnya, entah dengan jalan yang positif maupun negatif.

#4 Motivasi untuk Mencari Pengalaman

Sebagian dari para pekerja memiliki motivasi kerja untuk mencari pengalaman dan bukan dari besaran gaji yang ia dapat terima.

Biasanya motivasi untuk mencari pengalaman ini dimiliki oleh mereka yang baru lulus, baru bekerja (fresh graduate) sedang dalam proses magang atau pekerja honorer.

Mereka memanfaatkan pengalaman yang mereka jalani sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan lainnya kelak ketika sudah mendapatkan berbagai pengalaman pembelajaran yang mereka alami.

#5 Motivasi Bekerja Karena Hobi

Ini dia jenis motivasi kerja yang sangat diidam-idamkan. Selain karena menyenangi apa yang dilakukan karena hobi, kegiatan tersebut bisa mendatangkan pundi-pundi keuangan dan keuntungan.

Banyak sisi positif yang didapatkan, salah satunya Anda akan menikmati pekerjaan yang Anda lakukan tanpa adanya beban yang berarti dan membuat malas atau menurunnya semangat kerja.

[Baca Juga: Simak 50 Kata-kata Bijak Dale Carnegie Yang Membuat Anda Semakin Sukses Dan Bersemangat]

Apakah Anda melakukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda?

Tentu Anda akan sangat menikmati pekerjaan tersebut.

#6 Motivasi Kerja Karena Ibadah

Bekerja adalah sebuah ibadah, Mereka akan melakukan sebaik-baiknya untuk dapat memenuhi tanggung jawab ibadah mereka di hadapan Yang Maha Esa.

Tak peduli seberapa besar gaji dan tantangan yang dihadapi, mereka akan mendedikasikan waktu dan energi mereka demi sesuatu yang mulia.

#7 Motivasi Bekerja Sesuai dengan Cita-cita

Banyak di antara para pekerja pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dengan gaji yang mereka dapatkan.

Tujuan keuangan seperti memiliki hari pensiun yang terjamin, memiliki rumah, kendaraan pribadi, rencana liburan ke luar negeri, dan lain sebagainya.

Sudahkah Anda merencanakan tujuan keuangan Anda? Kalau belum, ayo rencanakan dari sekarang!

Setelah merencanakan tujuan keuangan Anda, segera baca ebook Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an dan untuk Usia 30 an yang dapat mencarikan Anda jalan yang paling cepat dan tepat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Motivasi Kerja Membawa Anda Lebih Dekat pada Kesuksesan

Setiap pekerja memiliki jenis motivasi yang berbeda satu sama lain meski polanya mirip.

Penting bagi setiap karyawan mengenali motivasi kerja masing-masing agar produktivitas dan performa semakin meningkat.

Dengan begitu, mereka akan mencapai kesuksesan dalam bidang pekerjaan mereka.

Para manajer atau bos tentu akan sangat bangga dengan hasil kinerja yang terus meningkat dari para karyawan atau anggota tim mereka.

Tunjukkan bahwa diri Anda salah satu karyawan yang sangat dicari oleh para bos karena kualitas kerja dan semangat kerja yang tinggi.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Admin. 9 Jenis Motivasi Kerja yang Umum Karyawan Miliki, Kamu yang Mana? Jadikaryawan.com – https://goo.gl/2aHqiv

    Susan M. Heathfield. 19 Juni 2017. What People Want From Work: Motivation. Thebalance.com – https://goo.gl/CeS8mw

Sumber Gambar:

    Motivasi kerja karyawan – https://goo.gl/aQQG5g

    Motivasi kerja karyawan gaji – https://goo.gl/BhCXg4

    Motivasi kerja jenjang karier – https://goo.gl/5HcmZy

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News