loading…

Jackson Aw, 32 tahun, memiliki bisnis mainan bernilai jutaan dolar. FOTO/Istimewa

JAKARTAJackson AW , 32 tahun, memiliki bisnis mainan bernilai jutaan dolar. Ini adalah cara dia mendapatkan terobosan besar dengan DC Comics.

“Saya bukan artis terbaik. Saya mengerikan,” kata Jackson Aw dengan tawa malu-malu, seperti dilansir CNBC, Sabtu (9/7/2022).

Hal itu mungkin tampak ironis, mengingat pria berusia 32 tahun ini adalah pendiri dan CEO Mighty Jaxx, sebuah perusahaan mainan desainer dari Singapura. Tetapi bagi Aw, mengakui kekurangannya sendiri telah membantunya mengubah perusahaan rintisannya menjadi bisnis mainan internasional bernilai jutaan dolar.

“Ini adalah kesadaran bahwa saya harus memilih orang yang jauh lebih pintar dari saya. Saya berkolaborasi dengan mereka dan saya bekerja dengan mereka,” katanya. “Jika seniman ini mendedikasikan karier mereka untuk membangun kerajinan itu, maka mereka lebih baik dari saya.”

Baca Juga: Kisah Sukses Novita Emilda, Pengusaha Cantik yang Seimbangkan Kesibukan dan Perannya Sebagai Ibu

Mighty Jaxx didirikan pada 2012, telah bermitra dengan beberapa merek global dan seniman visual terbesar. Perusahaan ini memproduksi koleksi trendi yang menggabungkan budaya dan desain pop. Sejak itu, ia telah menjual jutaan koleksi mainan kepada orang-orang di lebih dari 80 negara, kata Aw.

Semuanya dimulai ketika dia mulai menonton banyak “video cara membuatnya” di YouTube, yang menurutnya “menarik”. “Video-video yang memberi tahu Anda bagaimana nugget ayam dibuat, seperti bagaimana hot dog dibuat proses yang masuk ke dalamnya. Sembari menonton (mereka), saya melihat-lihat rak koleksi yang saya miliki,” katanya. “Bisakah saya membuat sesuatu secara fisik, dengan tangan saya sendiri dan membuatnya?”

Aw, telah menjadi kolektor mainan yang rajin sejak berusia 17 tahun, memutuskan untuk memesan penerbangan satu arah ke Shenzhen, Cina. Di mana, dia mengunjungi pabrik untuk mempelajari proses produksi mainan. Keingintahuannya dengan cepat berubah menjadi takjub, saat ia belajar tentang teknik seperti memahat tangan dan mencetak.

“Saya pikir hanya akan ada beberapa mesin yang akan mengeluarkan (mainan). Dan itu sejujurnya sangat naif,” katanya. “Saya terkejut ketika saya melihat ratusan orang hanya membuat dan melukis di satu bagian itu, tentang apa persepsi kami akan menjadi produk pasar massal,” tambahnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Seorang Mahasiswi, Setahun Bisa Cuan Rp828 Juta

Terinspirasi oleh apa yang dilihatnya di China, Jackson kembali ke rumah setelah satu bulan membuat mainan desainernya sendiri dengan seniman grafiti Singapura, Clogtwo. Bersama-sama, mereka menciptakan koleksi pertama Mighty Jaxx, “Hell Lotus.” Dengan bantuan pinjaman USD20.000, ia menghasilkan 200 buah mainan, yang ia luncurkan di Konvensi Komik Singapura pada tahun 2012. Aw menjual inventaris dalam enam bulan dan tidak ada jalan untuk kembali. “Seolah-olah kami tidak pernah merasakan ketakutan itu lagi. Jadi kami mengambil uang itu, dan kami menggulungnya”.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News