customer.co.id – Pernahkah Anda membeli sepatu kulit bermerek Brodo? Siapakah sosok sukses Yukka Harlanda dibalik kesuksesan pendiri Brodo?

Simak kisah sukses Yukka Harlanda, pendiri Brodo Sepatu Kulit Pria. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Yukka Harlanda Pendiri Brodo

Jika Anda pernah melihat iklan di media sosial yang bertuliskan Brodo dengan gambar sepatu kulit berkesan mewah nan elegan, Yukka Harlanda-lah salah satu pendiri dari brand sepatu yang kini telah memiliki 4 store offline di kota besar.

Yukka Harlanda adalah pria alumnus Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ia bersama dengan sahabatnya, Putera Dwi Kurnia senang bermain basket semasa di kampus.

Awal Mula Brodo Berdiri

Awal dari berdirinya merk sepatu Brodo sangatlah jenaka.

Yukka Harlanda yang kala itu sedang mencari peluang bisnis untuk membuka café, ia dan Putera berbincang dengan teman-teman yang sudah terlebih dahulu membuka bisnis kuliner.

Mereka berusaha mencari informasi bagaimana cara membuka bisnis kuliner dan setiap kendala yang biasanya dihadapi.

Namun dari hasil perbincangan, ternyata mereka tidak cocok dengan bisnis kuliner tersebut.

Suatu ketika, Yukka Harlanda sedang membutuhkan sepatu baru namun ketika mencari ukuran yang pas dengan ukuran kakinya, ia tidak menemukannya.

Jika ada yang pas dengan ukuran kakinya yang besar – maklum postur pebasket biasanya kakinya berukuran besar – tapi ia tidak sreg dengan modelnya.

Selain itu, harganya pun mahal bagi kantong mahasiswa dan barangnya pun impor dari luar negeri.

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

Saat Yukka merantau untuk menyelesaikan studi S1-nya di Bandung, ia pergi ke pengrajin sepatu di kawasan Cibaduyut, Bandung.

Ia mendatangi puluhan penghasil sepatu untuk membuatkannya sepasang sepatu. Namun ia, tidak mendapati pengrajin yang mau menerima orderan sepasang sepatu saja.

Kebanyakan para pengrajin itu hanya menerima minimal pembelian dengan 5 lusin sepatu.

Akhirnya, ia sampai pada salah satu vendor yang menerima pesanan hanya satu pasang sepatu kulit sesuai dengan pesanan Yukka Harlanda.

Setelah sepatu kulit itu jadi dan bangga atas hasil rancangannya sendiri, Yukka Harlanda memamerkan sepatunya tersebut kepada teman-teman kuliahnya.

Ternyata banyak teman kuliahnya yang tertarik dengan sepatu hasil rancangan Yukka Harlanda. Ia memanfaatkan peluang tersebut dan membuka sistem pre-order.

[Baca Juga: Ingat Kembali! Ini Tips dan Trik Mengembangkan Bisnis Startup Anda!]

Dengan mengeluarkan tabungannya Rp3,5 juta dan ditambah dari uang Putera Rp3,5 juta (hasil pinjaman), Yukka dan Putera berhasil mendapatkan 40 pasang sepatu dan sebagai modal awal berdirinya sepatu merek Brodo.

Inilah langkah awal berdirinya bisnis sepatu yang dikhususkan bagi kaum lelaki yang dinamakan Brodo.

Peningkatan Penjualan Brodo

Brodo menjadi merek sepatu lokal dan mulai branding di tahun 2010.

Yukka Harlanda dan Putera memanfaatkan forum Kaskus untuk menyebarluaskan bisnis kecil-kecilannya tersebut.

Dengan masuk dalam sebuah forum terbesar di Indonesia tersebut, mereka mampu menyerap semua target pasar, dari berbagai kalangan dan rentang usia.

Di tahun yang sama, Yukka menggunakan situs terbaru dari Facebook yaitu Page.

Jika suatu Page memiliki banyak jumlah likes, lalu admin mendorong konten tertentu, maka konten tersebut akan muncul di linimasa orang-orang yang me-like Page tadi.

[Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak]

Hal inilah yang dimanfaatkan dan diulik oleh Yukka terhadap Brodo. Facebook pun menjadi situs pertama yang dituju masyarakat, kala berseluncur di dunia internet sehingga menjadi peluang baik untuk semakin menyebarluaskan merek Brodo kepada khalayak umum.

Pengguna Page kala itu masih sangat jarang sehingga belum mengganggu lini masa pengguna Facebook.

Saat itu, dalam waktu satu bulan saja, Brodo sudah memperoleh 5000 likes.

Selain menggunakan Kaskus dan Facebook, Yukka menyebarluaskan Brodo melalui aplikasi BBM.

Dengan maraknya penggunaan ponsel dan aplikasi BBM, hal ini mempermudah penyebarluasan informasi dan iklan Brodo.

Brodo Masuk Ranah Offline melalui The Goods Dept.

Di tahun 2011, saat itu pasar sedang ramai dengan maraknya bazar dan pop-up market.

Brightspot Market adalah yang lagi naik daun saat itu. Inilah momen yang membawa Brodo menjajal pasar offline.

Ketika itu, Brodo mengikuti Denim market dan kedatangan tim dari The Goods Dept.

Mereka menawarkan kepada Brodo untuk bergabung dengan The Goods Dept.

Mereka mengatakan bahwa jika Brodo sudah bergabung dengan The Goods Dept., maka Brodo dapat ikut serta di Brightspot.

Mendengar tawaran itu, Yukka Harlanda dan Putera sangat senang dan menyetujui untuk bergabung dengan The Goods Dept.

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

Produk Brodo tidak hanya masuk ke The Goods Dept, tetapi juga beberapa distro di kota-kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung dan juga Surabaya.

Yukka Harlanda dan Putera sempat mendapatkan invoice penjualan sebesar Rp20 juta dari The Goods Dept.

Raih kesuksesan Anda dalam berinvestasi emas dengan men-download secara gratis ebook Panduan Berinvestasi Emasi Bagi Pemula dari Finansialku.

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Kembali ke Ranah Online dan Membuka Store Offline secara Mandiri

Perlahan dengan kesuksesan Brodo, Yukka dan Putera tidak lagi memasukkan produk mereka ke distro dan juga The Goods Dept.

Setelah sekian lama mengabaikan pemasaran melalui media sosial, di tahun 2013 Brodo kembali ke ranah dunia internet untuk memasarkan produknya.

Setiap produknya kembali dipasarkan melalui media sosial yang marak digunakan oleh para calon pelanggan.

Saat Yukka kembali ke Jakarta setelah selesai studi, ia merasa perlu untuk membuka sebuah kantor atau gudang penyimpanan stok produk Brodo.

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

Setiap produk Brodo disimpan dalam sebuah bangunan yang cukup besar untuk memudahkan menyimpan stok barang dan memudahkan untuk cash on delivery (COD) dengan pembeli.

Namun, ketika menempati bangunan tersebut, akhirnya mereka membuka toko offline Brodo dan berbagi lahan bisnis dengan adiknya yang juga membuka bisnis Barber Shop di sebelah Brodo.

Dengan berdirinya Brodo Store, Yukka Harlanda percaya akan dapat meningkatkan kepercayaan dari para calon pembeli yang akan berbelanja di Brodo.

Dengan adanya Brodo Store mampu mengundang banyak orang untuk mengenal produk Brodo.

Selain itu, pelanggan juga dimanjakan dengan berbelanja langsung dan bisa melihat kualitas barang yang ingin dibelinya.

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

Melihat peningkatan penjualan yang signifikan, Yukka Harlanda mulai membuat situs e-commerce selain melihat maraknya situs ini digunakan.

Yukka memanfaatkan peralatan dari Google seperti Google Ads dan juga Google Analytics melalui situsnya.

Situs tersebut juga menjadi media pemasaran yang sangat efektif karena dapat memasukkan banyak sekali konten, antara lain introduksi, katalog, dan jurnal.

Sejak tahun 2013, Brodo Store sudah ada di 4 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi dan juga Surabaya.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Kendala Yukka Harlanda dalam Bisnis Sepatu Kulit Brodo

Sebagai pebisnis, pasti akan banyak tantangan yang dihadapi, demikian juga Yukka Harlanda dan Putera.

Dari modal yang kecil, total Rp7 juta, hingga pesanan yang sempat dikatakan sebagai penipuan.

Tantangan yang membuat Yukka sangat down adalah ketika ada pelanggan yang akan melaporkannya sebagai penipuan.

Kala itu, saat bulan puasa dan stok Brodo habis, namun banyak orang yang masih ingin memesan produk Brodo karena euphoria THR.

Oleh sebab itu, Yukka nekat untuk membuka sistem pre-order.

Namun 3 bulan kemudian, barangnya belum jadi dan setelah jadi pun ternyata masih reject karena kualitasnya yang jelek sehingga ribuan pasang sepatu harus diproduksi ulang.

Brodo saat itu diprotes oleh banyak orang dan salah satunya ada yang akan melaporkannya sebagai penipuan.

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

Namun, karena support dari sang pacar, Yukka Harlanda tidak patah semangat.

Karena bisnis ini dibangun berdasarkan passion-nya, ia tetap bangkit dan hingga sekarang, Brodo Store bermunculan di beberapa kota dan mendapat perhatian dari para pelanggan.

Bisnisnya yang semakin berkembang, tidak membuatnya pelit dalam berbagai kepada para karyawannya yang kala itu sempat berjumlah 100 orang karyawan.

Dengan keuntungan yang semakin meningkat, Yukka Harlanda juga menambahkan bonus kepada para karyawannya.

Walaupun tidak cukup besar, para karyawannya terlihat begitu senang demikian juga Yukka Harlanda.

Menjadi Diri Sendiri

Yukka Harlanda adalah sosok yang cukup cuek. Terbukti ketika ia mendapatkan nilai C saat kuliah, ia tidak terlalu mempedulikan dan berusaha untuk memperbaiki kesalahannya serta mendapatkan pengalaman darinya.

Saat kuliah, ia pintar mengatur strategi saat kuliah. Karena ia adalah mahasiswa yang lebih banyak bergaul dan senang dengan kegiatan di luar, ia harus pandai-pandai mengatur waktu.

Ia melihat peluang saat ada dosen yang hanya mementingkan tugas atau dosen yang hanya mementingkan absensi.

Ia tidak mau kuliahnya berantakan oleh karena kegiatannya yang banyak dan juga bisnisnya.

Yukka Harlanda memberikan pesan moral dan motivasi bagi para pebisnis lainnya untuk tetap menjadi diri sendiri dalam versi yang terbaik.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Ardan Adhi Chandra. 15 Agustus 2017. Cerita Bos Brodo Mulai Bisnis Karena Susah Cari Ukuran Sepatu. Finance.detik.com – https://goo.gl/9YvevQ

    Dian. I. 22 Juni 2016. Muhammad Yukka Harlanda, Mendirikan Brodo Gara-Gara Susah Cari Sepatu Ukuran Besar. Youthmanual.com – https://goo.gl/9THz4o

    Admin. Yukka Harlanda Paparkan Perjalanan Brodo Footwear Menembus Pasar. Hitsss.com – https://goo.gl/ZusmBL

Sumber Gambar:

    Yukka Harlanda – https://goo.gl/MttvXC dan https://goo.gl/ZphsU9

    Kisah Sukses Yukka Harlanda – https://goo.gl/VgEJ5y dan https://goo.gl/YM1cwF

    Yukka Harlanda dan Brodo – https://goo.gl/JEr63f dan https://goo.gl/hK43dz

    Sepatu Brodo – https://goo.gl/kSfAUy dan https://goo.gl/py2jZ2

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News