loading…

Bank BRI sukses membawa pulang penghargaan di ajang iNews Maker Awards 2022 terkait program KUR. FOTO/ANTARA

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil sukses membawa pulang penghargaan KUR Digital Innovation dan Integrated CSR Strategy for Brilian Tourism Village Development. Penghargaan ini diberikan oleh iNews Maker Awards 2022 atas upaya BRI dalam menumbuhkembangkan sektor UMKM, terutama mikro.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, mengatakan penghargaan ini menjadi pemicu semangat perseroan untuk mengoptimalisasi potensi usaha mikro di Indonesia. Salah satunya, dengan terus menghadirkan inovasi dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Penghargaan tersebut di dedikasikan bagi seluruh Insan BRILiaN (Pekerja BRI) yang tanpa lelah memberikan kinerja terbaiknya.

“BRI telah dikenal sebagai Bank UMKM, dan kami akan teruskan fokus tersebut. BRI siap berkontribusi maksimal menjadi mitra strategis pemerintah dalam mengeskalasi pelaku usaha mikro, salah satunya melalui penyaluran KUR,” terang Catur melalui keterangan resminya yang dikutip oleh MNC Portal Indonesia, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Penerima iNews Maker Awards Role Model Pembangunan Bangsa

Bank BRI tercatat memiliki andil besar dalam penyaluran KUR di Indonesia. Adapun kuota KUR BRI pada tahun ini mencapai sebesar Rp260 triliun atau setara 70% dari total dana KUR yang sebesar Rp373,17 triliun.

Catur mengungkapkan bahwa KUR memiliki dampak besar bagi perekonomian Indonesia. Berdasarkan hasil riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), penyaluran KUR diestimasikan perseroan mampu menyerap 32,1 juta tenaga kerja. Hal tersebut dikarenakan akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebesar rata-rata 3 orang.

Baca Juga: Milenial Dominasi Investasi Pasar Modal, Investor Bank BRI Terbanyak

Saat ini BRI memiliki 10,7 juta nasabah eksisting KUR dari segmen Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil. Dengan demikian, multiplier effect dari penyaluran KUR BRI disebut dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia.

“Pemberdayaan KUR dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di samping itu, BRI juga senantiasa menerapkan social values untuk mendatangkan kebermanfaatan bagi berbagai lapisan masyarakat di Indonesia,” jelasnya.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News