Merdeka.com – PT Angkasa Pura II memastikan kesiapannya menyambut kepulangan jemaah haji asal Indonesia yang dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai hari ini, Jumat (15/7). Kedatangan perdana jemaah haji ke Bandara Soetta dijadwalkan pada pukul 23.05 WIB.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, Muhamad Awaluddin menegaskan kesiapan menyambut kepulangan jemaah haji asal Jawa Barat yang berangkat dari Bandara King Abdulaziz (Jeddah) menggunakan maskapai Saudia nomor penerbangan SV 5630 dengan jumlah total penumpang 406 orang.

“Sementara itu, Bandara Minangkabau (Padang), malam nanti juga menyambut kepulangan jemaah haji asal Sumatera Barat yang direncanakan mendarat dengan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 3401 pada pukul 21.14 WIB dari Bandara King Abdulaziz dengan jumlah total penumpang 393 orang,” kata Awaluddin.

Dia juga menjelaskan kalau koordinasi telah dilakukan dengan seluruh stakeholder dalam menyambut kepulangan jemaah haji ke Tanah Air. Adapun jemaah haji kloter pertama dijadwalkan akan tiba di tanah air melalui Terminal 2 Bandara Soetta.

Pihaknya selaku pengelola Bandara Soetta, juga menerapkan sejumlah aturan bagi para keluarga dan kerabat yang akan menjemput para jemaah.

“Keluarga atau kerabat tidak menjemput di sini. Melainkan kita arahkan ke asrama haji, karena proses kedatangan jemaah tidak keluar terminal,” terang Plh Senior Manager of Branch Communication Legal Bandara Soekarno-Hatta, Candra Ananda.

Pada jalur kedatangan di Bandara Soetta, para jemaah juga diarahkan menuju bus yang akan membawa mereka ke asrama haji.

“Jemaah landing (mendarat) di Bandara Soetta, Terminal 2F, lalu masuk ke terminal untuk proses Imigrasi. Setelah selesai, jamaah kembali ke bus di sisi udara (Apron) dan langsung ke luar melalui pintu apron timur dan bus menuju ke asrama haji,” katanya.

Sementara, 617 jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan, dipastikan baru akan tiba ke tanah air pada 23 Juli 2022 mendatang. Saat ini dipastikan seluruh jemaah dan petugas haji asal Tangsel, dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah seluruh jemaah dan petugas haji kita sehat walafiat. Tinggal menunggu waktu kepulangan, gelombang pertama di 23 Juli 2022. Untuk gelombang dua saat ini sedang melanjutkan ibadah baru berangkat ke Madinah,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangsel, Dedi Mahfuddin.

[cob]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News