customer.co.id – Ratusan buruh dan petani mulai berkumpul di Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda, Jakarta Pusat. Massa aksi ini berasal dari sejumlah daerah, seperti Banten, Jawa Barat, Dan DKI Jakarta.

Dari pantauan, buruh melakukan long march dari arah Patung Kuda, di depan Monas, menuju Jalan Merdeka Selatan, dan kembali ke Patung Kuda. Buruh menuntut tiga hal dalam aksi ini.

Pertama adalah menjalanlan reforma agraria dan kedaulatan pangan. Buruh juga menuntut pemerintah menyelesaikan permasalahan konflik agraria.

Yang kedua adalah menolak kenaikan harga BBM. Buruh menganggap, kenaikan harga BBM membuat ongkos produksi petani semakin tinggi.

“kenapa kita menolak kenaikan BBM? Karena dengan kenaikan harga BBM, meningkatkan biaya produksi, meningkatkan, jalur distribusi, sehingga harga-harga jadi mahal,” kata salah satu orator sambil melakukan long march, Sabtu (24/9/2022).

Tuntutan yang ketiga adalah menolak Omnibus Law. Buruh menganggap pemerintah memaksakan menerapkan Omnibus Law. Padahal Mahkamah Konstitusi telah menyatakan l Omnibus Law inkonstitusional bersyarat.

Buruh sempat bernegosiasi agar bisa melakukan aksi di dekat Istana Negara. Namun aksi demonstrasi tetap dilakukan di depan patung kuda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News