customer.co.id – Mari mengenal dompet digital cryptocurrency, uang di masa depan.

Cryptocurrency telah menjadi fenomena global yang dikenal banyak orang.

Namun sayangnya banyak yang tidak tahu menahu mengenai seluk beluknya.

Melalui artikel ini, Anda akan mengenal cryptocurrency lebih dari mayoritas masyarakat di dunia.

Rubrik Finansialku

Awal Mula Cryptocurrency

Dompet digital cryptocurrency merupakan produk temuan terbaru dari mata uang yang muncul pertama kali dari Satoshi Nakamoto dalam bentuk Bitcoin.

Meski awalnya tidak berniat menciptakan mata uang, namun tujuannya adalah untuk membuat uang digital atau disebut “A Peer-to-Peer Electronic Cash System.“

Pada saat launching Bitcoin di situs SourceForge, 9 Januari 2009, Satoshi Nakamoto mengatakan:

“Announcing the first release of Bitcoin, a new electronic cash system that uses a peer-to-peer network to prevent double-spending. It’s completely decentralized with no server or central authority.”

Pada tahun 1990-an, banyak usaha yang dilakukan untuk menciptakan uang digital ini, namun masih gagal.

Dengan demikian, Satoshi dinobatkan sebagai pelopor uang digital saat Bitcoin lahir.

[Baca Juga: Tahukah Anda, Apa Bedanya Pinjaman Uang dan Pembiayaan?]

Inilah awal mula dompet digital cryptocurrency, yang masih sangat kompleks dan sulit dimengerti.

Namun melalui artikel berikut ini, Finansialku akan mencoba menjelaskannya dengan sesederhana mungkin bagi Anda:

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency sesungguhnya adalah sebuah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menyimpan kunci privat dan kunci publik yang nantinya akan digunakan untuk berinteraksi dengan berbagai platform blockchain yang tersedia.

Dompet digital berfungsi sebagai tempat penyimpanan, sarana mengirim dan menerima aset cryptocurrency, serta dapat digunakan untuk memeriksa jumlah saldo aset yang telah dimiliki.

Meski kelihatan rumit, namun ini sebenarnya sama dengan definisi mata uang.

Bedanya hanyalah dompet digital cryptocurrency merupakan mata uang digital tanpa wujud fisik.

User Experience (UX) dan User Interface (UI) Cryptocurrency

Dalam membentuk sebuah platform, dibutuhkan User Experience (UX) dan User Interface (UI) yang baik.

Kabar baiknya adalah penyedia platform dompet digital sudah sangat memperhatikan UX dan UI, sehingga memudahkan para penggunanya untuk memahami bagaimana membuat, mengakses dan mengatur dompet digital cryptocurrency pribadi.

Sebagai contoh, Anda akan dipandu dengan adanya petunjuk penggunaan, serta pertanyaan-jawaban yang sering muncul (FAQ), atau dengan layanan help desk yang aktif dalam melayani pertanyaan.

Semuanya berfungsi untuk menyampaikan informasi yang kerap dipertanyakan oleh pengguna.

[Baca Juga: Mata Uang Dunia: Daftar Mata Uang Tertinggi dan Terendah di Dunia]

Setiap cryptocurrency memiliki sistem dan mekanisme yang berbeda satu sama lain, sehingga pastikan Anda memanfaatkan petunjuk yang tersedia untuk memahami penggunaan dompet digital cryptocurrency terkait.

Jangan sampai Anda kehilangan dompet digital karena ketidakpahaman akan membedakan kunci privat dan kunci publik, sembarangan menggunakan wifi umum, lupa alamat (address) dompet digital, atau lupa kata sandi untuk mengakses dompet digital.

Beberapa hal tersebut terdengar sederhana, namun berpotensi menyebabkan efek yang buruk, yakni kehilangan aset cryptocurrency yang telah dimiliki.

Beberapa Jenis Dompet Digital yang Beredar Dewasa ini

Nyatanya cryptocurrency menimbulkan dinamika luar biasa terhadap pasar bagi investor dan spekulator.

Seiring perkembangannya, terdapat beberapa dompet digital cryptocurrency yang beredar di tengah masyarakat dewasa ini, beberapa yang terpopuler adalah sebagai berikut:

#1 Breadwallet.com

Mata uang digital pertama dan paling terkenal di kalangannya adalah Bitcoin.

Bitcoin bahkan menjadi standar logam mulia dalam seluruh industri cryptocurrency, dan sering digunakan sebagai alat pembayaran global yang tak jarang dimanfaatkan untuk tindakan kriminal seperti darknet markets atau ransomware.

Saat ini, Breadwallet.com hanya menerima Bitcoin dalam penyimpanan dompet digitalnya.

Breadwallet.com sangatlah user friendly dan relatif mudah untuk digunakan, sehingga kerap dipilih oleh para pemula dalam dunia cryptocurrency.

Terlebih, Breadwallet.com dapat digunakan secara gratis.

Dompet digital Breadwallet.com

Anda dapat menggunakannya dengan beberapa langkah mudah berikut:

    Akses situs Breadwallet.com, kemudian

    Download aplikasi dompet digital yang ditawarkannya

    Buat passcode sesuai keinginan Anda

    Anda siap menerima aset cryptocurrency.

Di sini yang penting hanyalah passcode, karena tidak ada identitas lain yang digunakan seperti login name, kata sandi, kunci kriptografi ataupun pengaturan rumit lainnya. Mudah sekali bukan?

Namun, sayangnya di samping berbagai kelebihannya, Breadwallet.com juga memiliki kelemahan. Beberapa kelemahannya yakni:

    Hanya bisa diunduh pada mobile devices (telepon genggam) seperti Android atau iPhone

    Tidak ada interface yang disediakan pada situs web atau untuk desktop.

    Fiturnya masih sangat minim

    Sistem keamanan masih seadanya, akibatnya kunci privat yang kalian miliki dapat diakses dengan mudah dan disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

#2 Blockchain.info

Serupa dengan Breadwallet.com, Blockchain.info juga hanya menerima penyimpanan mata uang Bitcoin.

Persamaan lainnya yakni aplikasi dapat digunakan pada platform iOS maupun android di smartphone Anda.

Namun, kelebihannya adalah dompet digital Blockchain.info juga dapat digunakan sebagai dompet berbasis web.

Dompet digital Blockchain.info

Dan fitur uniknya yakni adanya fitur saluran pembayaran (payment channel) untuk jaringan Bitcoin, yang dikenalkan dengan nama “Thunder”.

Teknologi “Thunder” memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima Bitcoin tanpa menyentuh blockchain utamanya, ini artinya transaksi yang dilakukan akan terjadi secara instan dan bisa dibilang sangat aman.

Terlebih, Blockchain.info tersedia secara gratis, dan bisa Anda akses langsung hanya dengan cara mendaftar pada halaman utama Blockchain.info.

#3 MyEtherWallet

Selain Bitcoin, terdapat cryptocurrency lainnya, salah satunya adalah Ethereum.

Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin. Perbedaannya dengan Bitcoin adalah, Ethereum bukan hanya bisa memproses transaksi, namun juga kontrak dan program yang kompleks.

Jika Anda lebih memilih Ethereum ketimbang Bitcoin, maka Anda bisa menggunakan dompet digital MyEtherWallet yang dibuat khusus untuk cryptocurrency Ethereum.

Dompet digital ini juga dirancang untuk mudah digunakan, sehingga cocok bagi pemula.

Dompet digital MyEtherWallet

Selain itu, aplikasinya berbasis web, sehingga memungkinkan kita untuk membuat dompet digital baru tanpa harus mengunduh data pada blockchain secara keseluruhan.

Anda bisa mengaksesnya di laman MyEtherWallet.com, dan Anda tidak perlu repot-repot membuat akun terlebih dahulu. Anda hanya perlu membuat sebuah kata sandi pada halaman utama dan menyentuh panel “buat dompet” untuk dapat menggunakan dompet digitalnya.

Anda lalu dapat memilih fitur apa yang akan digunakan untuk mengakses dompet, sebagai contoh File Keystore (UTC/JSON), Metamask/Misk, Ledger Wallet, Digital Bitbox, Mhnemonic Phrase atau Private Key yang berbentuk sandi kriptografi yang harus disimpan dengan baik.

#4 Jaxx

Apabila beberapa dompet digital yang telah disebutkan sebelumnya memilih penyimpanan eksklusif untuk satu cryptocurrency saja, Jaxx menyediakan penyimpanan bagi beberapa cryptocurrency yang populer seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Dash dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, dompet digital Jaxx juga memiliki kelebihan lain yakni dapat diunduh baik melalui telepon genggam maupun situs web Jaxx.io.

Jaxx juga dikenal dengan UI yang baik, di mana hal ini tampak jelas dari kemudahan yang ditawarkan kepada penggunanya untuk dapat masuk dan dapat menggunakannya dompet tersebut secara langsung.

Dompet digital Jaxx

Jaxx juga memiliki fitur keamanan dan setelan privasi yang sangat baik, di mana kunci privat akan dikirimkan hanya kepada pengguna dan tidak dikirimkan ke server lain yang tidak berkepentingan, termasuk server Jaxx sendiri.

Hal ini memungkinkan larangan akses kepada pihak yang tidak berkepentingan, sehingga Anda memegang kendali penuh akan aset cryptocurrency Anda.

Namun sayangnya Jaxx juga memiliki kelemahan, di mana sistemnya terkesan lambat dalam memuat data karena kodenya tidak berasal dari sumber terbuka (open source).

#5 Trezor

Berbeda dengan keempat dompet digital sebelumnya, Trezor mengambil wujud perangkat keras yang dapat digunakan untuk menyimpan Bitcoin.

Trezor sangat disarankan apabila kalian ingin menyimpan Bitcoin dalam jumlah yang relatif banyak.

Terlebih, penggunaannya cenderung mudah dilengkapi dengan keamanan yang tinggi sehingga sangat sesuai bagi pemula.

Tampilan antarmuka (interface) situsnya juga sangat mudah digunakan.

Perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur built in screen dan tak lupa memanfaatkan perangkat lunak dari sumber terbuka (open source). Sehingga dijamin aman dan mudah digunakan.

Dompet digital Trezor

Trezor dapat dibeli dengan harga sekitar 89 EUR atau sekitar Rp1.400.000.

Harga inilah yang terkadang menjadi kelemahan Trezor, karena untuk menggunakannya Anda perlu mengeluarkan banyak uang.

Terlebih Anda harus memiliki perangkat seperti komputer atau laptop untuk memindahkan Bitcoin dari jaringan blockchain ke dalam dompet ini.

Tips: Memilih Dompet Digital yang Sesuai

Anda tentunya bertanya-tanya, manakah dompet digital yang sebaiknya Anda pilih, mengingat banyaknya alternatif yang ditawarkan.

Sebenarnya tidak ada yang terbaik dan terburuk, karena Anda bebas memilih sesuai dengan preferensi pribadi.

Namun, biasanya Anda dapat menentukan dengan lebih baik apabila mempertimbangkan beberapa hal sederhana berikut:

    Pikirkan apakah Anda akan menjadi trader aktif atau hanya sebagai investor pasif

    Apakah dompet digital akan digunakan untuk kegiatan jual beli sehari-hari atau hanya untuk menyimpan aset cryptocurrency

    Pertimbangkan jenis cryptocurrency yang akan Anda gunakan, satu jenis atau banyak

    Di mana Anda akan mengakses dompet digital, di rumah atau di mana saja

[Baca Juga: Apakah Benar Mata Uang NKRI Mirip Mata Uang Asing?]

Nah, setelah mempertimbangkan beberapa hal tersebut, tentunya Anda sudah lebih memiliki gambaran mana dompet digital cryptocurrency yang sesuai bagi Anda.

Apabila masih bingung, lihat perbandingan berikut:

    Apabila Anda menggunakan dompet digital secara sering dan konstan, maka carilah dompet digital yang bisa diakses di mana saja, misalnya yang dapat diakses melalui telepon genggam

    Apabila kalian hanya berencana menyimpan dan menahan aset sebagai investasi jangka panjang, maka pilihlah dompet digital dalam wujud perangkat keras atau dompet tercetak

Kenali dan Pahami Cryptocurrency Sebelum Terjun di Bidang ini

Melalui penjabaran di atas, apakah Anda masih bingung dengan cryptocurency dan dompet digitalnya?

Mata uang yang satu ini memiliki masa depan yang cukup cerah, mengingat pasarnya yang luas, sehingga tak salah untuk memasuki bidang tersebut.

Namun kenali dan pahami seluruh serba-serbinya sebelum Anda terjun, karena memang betul topik ini masih sulit dipahami masyarakat luas.

Dengan membekali diri dengan pengetahuan, Anda bisa mengambil lebih banyak keuntungan dari cryptocurency.

Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, bagikan sekarang juga kepada teman-teman Anda yang masih kebingungan akan cryptocurrency.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai dompet digital cryptocurrency lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    What is Cryptocurrency: Everything You Need To Know [Ultimate Guide]. Blockgeeks.com – https://goo.gl/1UD2Sw

    Rahayu Sagung Tumitah Dumadi. 30 Agustus 2017. CRYPTOCURRENCY: Mengenal Dompet Digital Cryptocurrency – Seri Belajar #3.com – https://goo.gl/jDW2Yd

Sumber Gambar:

    Dompet Cryptocurrency – https://goo.gl/EtXWRN

    Ragam Cryptocurrency – https://goo.gl/P4cWi3

    Breadwallet – https://goo.gl/YvayQ6

    MyEtherWallet – https://goo.gl/7m8KLV

    Jaxx – https://goo.gl/t4euUF

    Trezor – https://goo.gl/VXRR5S

    Blockchaininfo – https://goo.gl/71qMLZ

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News