customer.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan terjadinya inflasi secara tahunan pada bulan September sebesar 5,59%.

Seperti yang sudah banyak diramalkan kalangan ekonom, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jadi penyebab utama terjadinya inflasi bulan September ini.

Meski demikian, Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, inflasi imbas kenaikan harga BBM bisa diredam oleh pemerintah.

“Inflasinya 1,17% dan kalau dilihat menurut kelompok pengeluaran dibagi 11 itu. Pendorong utamanya adalah kelompok pengeluaran transportasi inflasi 8,88% dan memberikan andil ke inflasi 1,08%. Tapi mampu di redam,” kata Margo dalam paparannya, Senin (3/9/2022).

Dalam paprannya, Margo mengungkap, komoditas yang sebabkan terjadinya inflasi pada kelompok transportasi adalah sebagai berikut:

– Bensin ini memberikan andil ke inflasi september mtm 0,89%- Angkutan dalam kota 0,09%- Solar 0,03%- Angkutan antar kota 0,03%- Tarif roda 2 online 0,02%- tarif roda 4 online 0,01%

Sementara pada kelompok makanan adalah sebagai berikut:

– Bawang merah deflasi 0,06%- Cabai merah deflasi 0,05%- Minyak goreng deflasi 0,03%- Tomat deflasi 0,02%- Cabai rawit deflasi 0,02%- Ikan segar deflasi 0,01%.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News