customer.co.id – Sebagai mahasiswa, belajar menyusun anggaran keuangan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Dengan menyusun anggaran keuangan, kiriman orang tua, dana beasiswa atau jerih payah Anda melalui kerja sampingan tidak akan menguap begitu saja.

Banyak mahasiswa yang tidak tahu cara mengatur keuangan mereka dan hanya mengikuti aliran kehidupan. Ketahui cara belajar menyusun anggaran dari Finansialku di artikel satu ini sebelum terlambat!

Mahasiswa Perlu Belajar Menyusun Anggaran

National Financial Capability Study (NFCS) 2015 di Amerika melihat bahwa ada pergantian mindset, di mana millennials cenderung tidak memikirkan long term goals dibandingkan generasi sebelumnya.

Mereka belum memikirkan tabungan jangka panjang, apalagi pensiun. NFCS berteori kalau penyebabnya adalah millennials belum pernah hidup Great Depression sehingga tidak sadar pentingnya simpanan untuk darurat.

[Baca Juga: Definisi Dana Darurat dan Cara Mudah Menyiapkannya]

Bayangkan jika Anda tidak membuat anggaran, Anda bisa terjebak pada gaya pengeluaran yang sangat berlebihan.

Contohnya, ketika Anda menginginkan suatu barang, maka Anda langsung ingat pada kartu kredit.

Anda pun bergantung pada kartu kredit untuk membiayai gaya hidup Anda bahkan hingga overlimit, selain itu Anda juga harus membayar bunga kartu kredit itu tiap bulannya.

Akhirnya, pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan Anda. Ini tentu bahaya!

Agar hal tersebut tidak terjadi, sudah saatnya Anda mengubah rencana finansial Anda agar lebih sehat dan terukur. Berikut ini mengapa Anda perlu sekali memiliki anggaran keuangan.

#1 Memiliki Rencana Pengeluaran

Tanpa perencanaan keuangan, gambaran finansial Anda akan kabur.

Lebih buruknya, Anda bisa terjebak pada gaya hidup yang overspending atau membelanjakan uang melebihi apa yang Anda butuhkan dan melebihi penghasilan Anda sendiri.

Overspending itu bisa jadi semakin buruk dengan kebiasaan Anda menggunakan kartu kredit secara tidak bertanggung jawab, sehingga Anda akan selalu cemas atas keuangan Anda karena terlalu banyak utang.

Oleh karena itu, perencanaan keuangan sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kepastian atas masa depan Anda serta kehidupan yang Anda inginkan.

[Baca Juga: Rencana Keuangan Komprehensif]

Rencana keuangan pada dasarnya adalah pengalokasian dari penghasilan Anda dalam satu bulan untuk belanja kebutuhan, membayar tagihan, investasi dan simpanan.

Anda bisa memiliki perencanaan pengeluaran untuk jangka pendek dalam satu bulan; pengeluaran jangka menengah yang terjadi di antara satu bulan dan satu tahun; serta pengeluaran jangka panjang akan lebih dari satu tahun.

#2 Memotong Anggaran Pengeluaran

Anggaran dapat menunjukkan betapa banyak Anda menghabiskan uang pada item tertentu.

Anggaran juga dapat menunjukkan dengan jelas besarnya kemampuan Anda untuk belanja kebutuhan hidup seperti makan, sewa rumah, dan membeli kendaraan.

Dengan pembagian yang jelas, Anda bisa memantau apabila pengeluaran Anda terlalu besar untuk hal yang bukan kebutuhan melainkan keinginan saja.

#3 Menghabiskan Secara Bijak

Saat ini mungkin Anda lebih banyak menghabiskan uang daripada menghasilkan uang.

Dengan memiliki anggaran maka Anda dapat secara bijak melihat, menilai pengeluaran mana saja yang perlu dan ingin Anda habiskan.

Anda juga dapat bagaimana bisa membuat rencana untuk menambah surplus dalam keuangan Anda.

#4 Simpan untuk Tujuan Masa Depan

Setelah menjumlahkan semua pendapatan dan pengeluaran, kurangi lah pendapatan dengan pengeluaran untuk mendapatkan nilai sisanya.

Angka yang positif berarti Anda memiliki pengeluaran lebih sedikit dari pendapatan.

Anggaran dapat membantu Anda untuk menyisihkan uang untuk masa depan Anda.

Dengan anggaran, Anda dapat mengidentifikasi uang ekstra dari pengeluaran dan mengalokasikan uang itu ke arah tujuan masa depan.

Investasi adalah cara terbaik untuk membuat uang bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda tanpa harus menukarkan waktu, tenaga dan pikiran.

Investasi yang menguntungkan akan sangat membantu untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang sudah Anda tentukan.

Untuk para pemula, Anda juga bisa mulai mempelajari tentang investasi lewat Ebook dari Finansialku mengenai investasi reksa dana online dan bagaimana Anda bisa menikmati hasilnya.

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

#5 Mengembangkan Keterampilan Manajemen Keuangan

Pembelajaran yang Anda peroleh dari membuat anggaran itu tak ternilai harganya.

Anda bisa belajar untuk membuat manajemen keuangan diri Anda, dan Anda bisa membuat prioritas tabungan atas keinginan Anda sendiri serta membuat pilihan belanja Anda sendiri.

Cara Menyusun Anggaran yang Tepat

Anggaran adalah garis besar dari pendapatan dan pengeluaran.

Untuk menciptakan sebuah anggaran yang berguna, Anda perlu membuat proyeksi yang akurat dan realistis untuk berapa banyak uang yang masuk dan berapa banyak uang yang keluar.

Biasanya, perkiraan biaya didasarkan pada satu atau dua bulan dari pengeluaran.

Jadi akan sangat baik untuk Anda memiliki catatan yang mencatat semua pengeluaran dalam beberapa bulan sebelum Anda duduk dan membuat anggaran.

Ini akan membantu memastikan anggaran Anda lebih realistis.

#1 Buatlah Proyeksi Pendapatan dan Pengeluaran

Pembuatan anggaran harus dapat mencakup proyeksi pendapatan dan pengeluaran.

Proyeksi pendapatan harus mencakup semua sumber pendapatan, seperti: uang saku, upah, tips, bonus, hadiah, pembagian dividen, pendapatan yang diperoleh dari bekerja freelance, serta tunjangan.

Untuk pengeluaran, Anda sebaiknya membuat kategori-kategori yang terpisah, supaya Anda bisa mengetahui ke mana saja keluar barangnya secara spesifik.

Anda mungkin akan menemukan bahwa ada kategori-kategori yang perlu disesuaikan di masa depan. Berikut ini pengeluaran yang umum:

    Pengeluaran terkait transportasi, seperti pembayaran biaya pemeliharaan kendaraan atau biaya transportasi umum

    Pengeluaran terkait internet, seperti pulsa atau biaya berlangganan internet

    Hiburan seperti nonton film dan musik konser

    Makanan, termasuk pembelian bahan makanan, makanan ringan

    Keperluan pribadi seperti perlengkapan mandi, potong rambut

    Sewa kontrakan/kost

    Biaya beramal atau sumbangan

    Biaya buku, alat tulis, pembuatan tugas dan makalah

    Biaya tambahan untuk nongkrong atau belanja pakaian

    Tabungan

    Keperluan lainnya

[Baca Juga: Kesalahan Umum dalam Membuat Anggaran dan Cara Memperbaikinya]

Kenali pos-pos pengeluaran Anda di tempat Anda berkuliah.

Tiap tempat mungkin saja ada pos pengeluaran yang berbeda. Untuk itu perhatikan sejumlah penyesuaian yang Anda lakukan bulan sebelumnya.

Penyesuaian ini meliputi kondisi jika secara tiba-tiba Anda harus menghabiskan uang lebih banyak dari yang Anda telah anggarkan di suatu pos, misalnya pengeluaran untuk buku dan pembuatan makalah.

Konsekuensinya, Anda harus mengurangi pengeluaran di pos lain di bulan berikutnya.

Berikut ini contoh proyeksi pendapatan dan pengeluaran:

#2 Pahami Inflasi

Inflasi adalah meningkatnya harga barang dan jasa. Ini biasanya diukur dalam bentuk persentase tahunan tertentu. Inflasi secara langsung dapat mempengaruhi daya beli.

Inflasi biasanya memiliki hubungan dengan kenaikan gaji.

Jika Anda memiliki pekerjaan tetap, idealnya upah akan meningkat lebih dari tingkat inflasi. Misalnya, jika inflasi adalah 2%, kenaikan gaji apapun harus minimal 3% sehingga tidak hanya menjaga kecepatan dengan inflasi.

Dalam membuat anggaran, inflasi harus menjadi pertimbangan Anda yang utama agar Anda dapat membuat anggaran yang akurat.

Pasalnya ada banyak barang dan jasa yang akan meningkat harganya pada tahun berikutnya sebagai akibat dari inflasi.

Disiplin dan Tekun Membuat Anggaran Bulanan

Menulis anggaran bulanan Anda hanya mengambil waktu satu jam setiap bulannya. Meski demikian, tetap membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan.

Mungkin dalam beberapa bulan pertama, Anda tidak dapat mengikutinya dengan sempurna. Namun Anda bisa belajar untuk terus memperbaikinya dengan melihat celah yang memungkinkan.

Ketika Anda sudah terbiasa dengan menulis anggaran maka Anda akan merasakan betapa anggaran itu akan sangat membantu Anda untuk membuat pendapatan Anda meningkat lebih tinggi.

Apakah Anda sering kehabisan uang di tengah bulan? Coba ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah!

Jika artikel ini membantu Anda, mahasiswa yang sering kehabisan uang di tengah bulan, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda!

Sumber Referensi:

    Jean Folger. Teaching Financial Literacy to Teens: Budgeting. Investopedia.com – htpps://goo.gl/P9LczR

Sumber Gambar:

    Mahasiswa Belajar Menyusun Anggaran 1 – https://goo.gl/ZiFUHh

    Mahasiswa Belajar Menyusun Anggaran 2 – https://goo.gl/XZonLB

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News