Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Digitalisasi Perlu Perhatian Khusus

loading…

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo di acara MNC Forum LXIV, Kamis (30/6/2022). FOTO/MPI/Advenia Elisabeth

JAKARTA – Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyoroti perkembangan digitalisasi tanah air. Digitalisasi perlu perhatian khusus lantaran mampu mempercepat pertumbuhan UMKM serta layanan yang ingin go digital.

“Digitalisasi ke depan ini akan luar biasa, merubah banyak tatanan nasional di semua sisi pemerintah, masyarakat, dan ekonomi. Jadi intinya ekonomi akan lebih cepat meningkat jika digitalisasi berjalan maksimal,” ujar Hary Tanoesoedibjo di acara MNC Forum LXIV, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Bersaing dengan Netflix Cs, Hary Tanoe: Kami Tidak Takut

Hary mengapresiasi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang telah merancang peta jalan Indonesia digital 2021-2024. Selain itu, di tingkat kawasan ASEAN, Pemerintah Indonesia juga sudah mempunyai kesepakatan ASEAN digital masterplan 2025.

“Luar biasa peta jalan Indonesia ini. Terima kasih pak Johnny telah memaparkan kepada kami direksi MNC Grup. Ini bisa jadi gambaran dan tolak ukur buat langkah kami ke depan,” ucap Hary Tanoe.

Johnny pada kesempatan tersebut menjelaskan, pemerintah akan memperluas jangkauan infrastruktur digital dan konektivitas serta memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan untuk pertumbuhan inklusif.

Selain itu, pemerintah juga tengah menyiapkan regulasi yang mendukung teknologi digital, pengaturan spektrum frekuensi serta pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) digital, dalam hal ini perberdayaan UMKM melalui pelatihan-pelatihan talenta digital.

Baca Juga: Digagas Hary Tanoesoedibjo, 7 Parpol Nonparlemen Mantap Bentuk Poros Baru di Pemilu 2024

Johnny juga memparkan, sejauh ini pemerintah telah membangun 459.111 kilometer (km) jaringan fiber optic backbone nasional. Terdiri dari 344.007 km kabel darat, 115.104 km kabel bawah laut, 12.399 km palapa ring, 446.712 km operator telekomunikasi. Tahun 2022 ini, tambah Johnny, Kominfo akan menghubungkan sekitar 12.100 km tambahan jaringan fiber optic agar fiber optic nasional terhubung di seluruh kawasan Indonesia.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News