customer.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, sudah menjadi suatu keharusan bagi para anak bangsa termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memegang teguh ideologi Pancasila .

Hal itu Anas sampaikan usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila , di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta , Sabtu (1/10/2022).

“Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini kita semua dan para pemuda punya referensi sejarah dan terus akan kita jadikan panduan kita untuk menghadapi dinamika kebangsaan,” tuturnya melalui siaran pers Kementerian PANRB.

Dirinya melihat bahwa sebagian besar pemuda telah paham akan sejarah bangsanya sendiri. Namun demikian dia tetap mengajak seluruh pihak dapat mengingat sejarah perjuangan para pahlawan, termasuk saat melawan “rongrongan” ideologi dan beragam pemberontakan.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian di Monumen Pancasila Sakti dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila upacara diikuti oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Jalannya upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Adapun, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News