customer.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) capai 2,5 juta orang pada 2022. Angka tersebut merupakan ambang tengah dari target yang telah ditetapkan 1,8 juta-3,6 juta wisatawan.

Ia mengatakan saat ini jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai angka rata-rata 10.000 per hari dengan mayoritas menggunakan transportasi udara.

Selama periode Januari hingga Agustus 2022, jumlah wisman ke Indonesia tercatat sebanyak lebih dari 894.667 kunjungan.

“Saat ini sudah ada 25 penerbangan internasional dengan rute ke Bali,” kata dia dalam siaran pers, Selasa (11/10/2022).

Menurut Sandiaga, meningkatnya angka kunjungan wisman ke Indonesia tidak lepas dari semakin pulihnya kepercayaan masyarakat dunia terhadap pariwisata Indonesia.

Di antaranya ditopang dengan penyelenggaraan berbagai event internasional, khususnya rangkaian Presidensi G20 Indonesia yang puncaknya akan berlangsung pada November 2022 di Bali.

Di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf telah menyelenggarakan berbagai kegiatan side events. Terbaru adalah World Conference on Creative Economy (WCCE) pada 5-7 Oktober 2022.


“Presiden memberikan apresiasi kepada kita yang sudah berhasil menghadirkan Bali Roadmap atau kita sebut sebagai Bali Creative Economy Roadmap 2022 yang kami akan turunkan pada 16 aksi sebagai peta jalan untuk kebangkitan ekonomi, di mana sektor ekonomi kreatif yang menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi global,” kata Sandiaga.

Sandiaga memperkirakan hingga puncak KTT G20 nanti, akan ada 50.000 wisman hadir yang diharapkan mampu memberikan dampak pada terciptanya 33 ribu lapangan kerja.

“Konsumsi domestik yang kita harapkan terserap sebesar Rp 1,7 triliun dan PDB kita harapkan juga meningkat sebesar Rp 7,4 triliun,” ungkap Sandiaga.

“Kita harapkan juga tentunya harga tiket pesawat akan berangsur turun karena semakin banyaknya penambahan jumlah penerbangan,” sambung dia.

Sandiaga menjelaskan ada penambahan beberapa jumlah penerbangan ke Bali dan penambahan jumlah penerbangan ke beberapa destinasi seperti Labuan Bajo.

“Garuda Indonesia juga akan menambah penerbangan menuju Melbourne yang sebentar lagi akan direalisasikan,” kata Sandiaga.

“Harapannya saat lepas G20, memasuki masa liburan, jumlah penerbangan akan semakin ditambah, tingkat keterisian kursi juga akan semakin banyak dan harga tiket pesawat mudah-mudahan jauh lebih terjangkau,” tandas dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News