Analis menyarankan bahwa hukuman Xiao dimaksudkan untuk mengirim pesan yang kuat kepada lawan politik pemimpin China Xi Jinping, yang sedang mencari masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya di kantor musim gugur ini.

Sebuah sumber di markas PKC sebelumnya mengatakan kepada The Epoch Times bahwa Xiao memiliki hubungan dekat dengan mantan wakil ketua Partai Zeng Qinghong, anggota kunci dari faksi politik—dikenal sebagai “Faksi Jiang” karena kesetiaannya kepada mantan pemimpin PKC Jiang Zemin— yang menentang kepemimpinan Xi. Xiao menjabat sebagai pencuci uang utama dari faksi Jiang, menurut sumber itu.

Namun, ada banyak elite PKC lain yang juga terlibat dalam bisnis Xiao, menurut Yuan Hongbing, seorang pakar Tiongkok. Yuan mengatakan penyelidikan terhadap miliarder itu memungkinkan Xi untuk mendapatkan bukti transaksi curang antara Xiao dan pejabat tinggi Partai lainnya dan menggunakannya untuk menjatuhkan saingannya.

“Hukuman Xiao dapat dilihat sebagai peringatan bagi setiap klik, terutama faksi Jiang, menjelang Kongres Nasional ke-20,” kata komentator China Li Linyi kepada The Epoch Times pada hari Jumat. “Ini adalah hasil dari pertikaian politik.”

Didirikan pada tahun 1999, Tomorrow Holdings memiliki beragam investasi, mulai dari perbankan, asuransi, dan properti, hingga logam tanah jarang.

Sebelum Xiao menghilang, kerajaan perusahaannya diperkirakan bernilai sekitar US$ 5,8 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-32 di negara itu pada tahun 2016, menurut laporan Hurun, sebuah majalah yang melacak orang terkaya di China.

Dari tahun 2001 hingga 2021, Xiao dan Tomorrow Holdings memberi pejabat total 680 juta yuan (US$ 99,7 juta), termasuk saham, real estat, uang tunai, dan aset lainnya, yang bertujuan untuk menghindari pengawasan keuangan dan mencari keuntungan tidak sah, kata pengadilan pada hari Jumat. 

Pada Juli 2020, sembilan lembaga terkait kelompok itu disita oleh regulator Tiongkok.

Di antara sembilan perusahaan tersebut terdapat empat perusahaan asuransi—Tianan Property Insurance Co. of China, Huaxia Life Insurance Co., Tianan Life Insurance Co., dan Yi’an P&C Insurance Co.—serta New Times Trust Co. dan New China Trust Co. Tiga lainnya adalah Chengtong Securities, Guosheng Securities, dan Guosheng Futures.

Pengadilan mengatakan bahwa sejak 2004, Xiao dan Tomorrow mengendalikan beberapa lembaga keuangan dan platform keuangan internet, termasuk Bank Baoshang yang gagal, melalui berbagai lapisan pemegang saham tidak langsung dan kepemilikan anonim. (epochtimes)


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News