loading…

Sebanyak enam perusahaan pelat merah sudah dibubarkan Pengadilan Negeri melalui usulan Kementerian BUMN. Foto/Ilustrasi

JAKARTA – Sebanyak enam perusahaan pelat merah sudah dibubarkan Pengadilan Negeri melalui usulan Kementerian BUMN selaku pemegang saham.

Hal itu lantaran perseroan negara masuk dalam daftar BUMN ‘zombie’ atau perusahaan yang tidak lagi beroperasi namun belum dibubarkan.

Pembubaran perusahaan negara yang mati suri ini sudah direncanakan Menteri BUMN Erick Thohir sejak tahun lalu. Langkah likuidasi ini bahkan masuk dalam program ‘bersih-bersih BUMN’.

“Bersih-bersih BUMN, untuk BUMN yang dibilang zombie atau yang kita lihat memang sudah tidak lagi dikembangkan dan tetap makin rugi gitu ya, sekarang sudah sampai tahapan yang keenam,” ungkap Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan, Selasa (19/6/2022).

Baca juga: Berdiri Sejak 1979, Ini Jejak BUMN Istaka Karya yang Dipailitkan Pengadilan

Arya menjelaskan, BUMN ‘zombie’ adalah perusahaan yang secara keuangan terus merugi dan operasional tidak lagi berjalan. Bahkan, beban utang lebih tinggi daripada aset. Hanya saja, belum dibubarkan selama bertahun-tahun.

Perkara ini justru memunculkan persoalan baru, lantaran karyawan BUMN ‘zombie’ dibiarkan terkatung-katung tanpa memenuhi kewajiban perusahaan. Arya menyebut kondisi inilah yang dilihat dan dibaca Erick Thohir .

Baca juga: Jangan Salah Pilih Jurusan, Erick Thohir: Ini 9 Lowongan yang Butuh 17 Juta Pekerja di 2024

Artinya, dengan membubarkan BUMN yang tak lagi beroperasi, pemegang saham secara langsung memberikan kepastian kepada karyawan. Kepastian ini berupa pembayaran gaji, pesangon, hingga pekerjaannya dialihkan ke perusahaan lainnya.

“Ini adalah langkah untuk bahwa ada kepastian yang diberikan oleh Menteri BUMN, Pak Erick, kepada semua yang berhubungan dengan BUMN-BUMN yang emang kita lihat tidak lagi bisa diteruskan,” tuturnya. Berikut ini enam BUMN ‘zombie’ yang telah dibubarkan:

1. PT Industri Gelas (Persero) atau Iglas
2. PT Kertas Kraft Aceh (Persero)
3. PT Industri Sandang Nusantara (Persero)
4. PT Merpati Nusantara Airlines (Persero)
5. PT Kertas Leces (Persero)
6. PT Istaka Karya (Persero)

Sementara itu, BUMN ‘zombie’ yang hingga saat ini belum dibubarkan adalah PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (Persero).

(ind)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News