customer.co.id – Tiga perusahaan rintisan (startup) menjuarai Kompetisi I-Start yang diadakan oleh Bakrie Group sebagai bentuk komitmen untuk mendukung anak muda dalam mengembangkan usaha.

Siaran pers Bakrie Group yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, sejumlah pemikiran anak muda untuk mengembangkan usaha mendorong untuk menyelenggarakan kompetisi I-Start sebagai komitmen dalam memberikan fasilitas bagi generasi muda Indonesia agar dapat berkontribusi menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai sektor.

Perusahaan rintisan Banana & Partners yang berhasil menjuarai pertama program I-Start memiliki ide bisnis di bidang energi baru terbarukan. Perusahaan itu merupakan perusahaan rintisan yang berfokus pada pengelolaan limbah, energi terbarukan, dan ekonomi sirkular. Mereka terbentuk dengan keprihatinan pada ancaman limbah terhadap lingkungan, ketergantungan terhadap energi fosil, dan kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

Juara kedua berhasil diraih oleh Bid Fish yang memiliki ide bisnis pada bidang digitalisasi. Perusahaan itu adalah platform lelang ikan secara online antara nelayan atau pemasok komoditi perikanan dengan pembeli potensial yang mudah, aman, dan terpercaya.

Perusahaan dapat menyelesaikan permasalahan pasokan yang permasalahannya adalah membutuhkan jangkauan pasar yang luas supaya harga komoditi lebih menguat, ketidakpercayaan dan maraknya penipuan dari pembeli membuat pemasok enggan menjualkan produknya dan mengalami kerugian karena tertipu, dan proses pembayaran yang bermasalah membuat pemasok terhambat dalam menjalankan usahanya.

Sementara juara ketiga adalah Shaany Collagen yang memiliki ide bisnis di bidang makanan dan minuman/F&B. Mereka memanfaatkan sisik ikan menjadi kolagen dengan menggunakan teknologi Modified Autoclave dan Food Dehydrator berbasis energi baru terbarukan. Saat ini mereka juga sedang mengembangkan minuman kolagen serbuk yang terbuat dari sisik ikan dipadukan dengan ekstrak buah yang didapatkan dari hasil kerja sama dengan petani lokal.

Dalam proses pengolahan minuman kolagen, mereka memberdayakan kelompok ibu rumah tangga yang berasal dari keluarga kurang sejahtera.

Ketiga perusahaan rintisan tersebut untuk dapat menjuarai kompetisi telah melalui proses seleksi yang cukup panjang, didapat 20 nama semi finalis yang sudah berkompetisi langsung di Jakarta. Penjurian semi finalis dilakukan di dalam bus listrik milik VKTR (anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk/BNBR), dan tiap peserta hanya diberikan waktu 3 menit untuk menjelaskan ide bisnis mereka di hadapan dewan juri tanpa materi presentasi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News