Merdeka.com – CEO Dreamaxtion, Victor Osman membagikan, beberapa cara untuk menyusun tim kerja ideal atau superteam. Dreamaxtion merupakan pemilik platform asesmen rekrutmen kerja Dreamtalent. Fungsinya, memberikan fasilitas asesmen baik bagi pencari kerja maupun perusahaan.

Menurutnya, setidaknya ada 4 poin penting yang menjadi syarat untuk membentuk superteam. Yakni sosok pemimpin, DNA pemimpin, budaya kerja, dan membentuk manajemen tim.

“Superteam layaknya Avenger di Marvel, atau Justice League di DC, ada founder starter, pengusahanya lah dari cerita itu, untuk merekrut timnya kedepan,” kata dia dalam rangkaian Emtek Career Festival, Sabtu (6/8).

Victor memandang, posisi pemimpin ini jadi hal krusial. Tugas pemimpin di sini meliputi kemampuan melihat peluang, mampu merekrut dan mengembangkan, mampu mengenalkan dan memberikan kultur organisasi yang positif, serta melanjutkan ke tahap berikutnya.

“Harus bisa melihat peluang, misalnya sekarang media sedang berkembang, kita harus bisa lihat peluang untuk merekrut yang seperti apa. Rekrut doang tidak cukup, harus juga sama develop kedepannya gimana,” bebernya.

Lebih lanjut, Victor menyebut setelah adanya tim, masih tetap dibutuhkan superman atau orang yang memiliki kemampuan khusus.

Baginya, kategori superman adalah orang-orang yang memiliki salah satu dari 4 hal. Yakni, kemampuan atau skill, jejaring atau network, uang, dan pola pikir atau mindset serta kesehatan mental.

“Skill, apa yang dilakukan bisa jadi superman. Network, punya teman-teman siapa yang harus dikontak. Money, bisa spend duitnya itu. Dan punya mindset dan mental health. Ini yang dibutuhkan untuk menjadi superman,” katanya.

Dengan itu, akan tercipta ekosistem yang saling melengkapi dari tim yang dibentuk. Dalam konteks ini, artinya perusahaan akan memiliki peluang lebih untuk mendapatkan keberhasilan.

Reporter: Arief Rahman

Sumber: Liputan6 [bim]

Baca juga:
Strategi Ampuh Raih Tawaran Kerja via LinkedIn
Strategi Jitu Pertahankan Karier di Tengah Ancaman Resesi
Terapkan 6 Hal ini Saat Pilih Perusahaan yang Tepat untuk Bekerja
Ingin Tingkatkan Omzet? Simak Tips Sukses Berbisnis untuk UMKM Ini
Hindari 6 Hal Ini Jika Ingin Lolos Wawancara Kerja
Bingung Pilih Karir atau Berkeluarga, ini Tips Menentukan Pilihan untuk Anak Muda
Jangan Kecil Hati Jika IPK Anda Rendah, Ini Tips Agar Cepat Dapat Kerja


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News