customer.co.id – IdeaFest 2022 akan kembali diselenggarakan pada dari 24 – 27 November 2022 di Jakarta Convention Center.

Beberapa tahun sejak pandemi melanda, masyarakat dihebohkan dengan banyaknya virtual reality seperti metaverse, NFT, cryptocurrency, dan lainnya. Lantas menjadi pertanyaan, apakah manusia ke depannya akan hidup di dunia virtual seperti ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, di tahun ke 11 penyelenggaraan festival kreatif ini mengusung tema “Reality Re:defined”.

Seperti yang diketahui, IdeaFest merupakan ajang berkumpulnya para kolaborasi kreatif, inovatif, dan terkemuka dari berbagai sektor kreatif. Di tahun ini, kita diajak untuk bisa re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create, sebagai upaya bersiap kembali ke realita kehidupan baru.

Pada acara press conference IdeaFest 2022, Rabu (5/10/22), Ben Soebiakto, Co-Chariman IdeaFest 2022, mengajak masyarakat untuk kembali bersemangat setelah masa-masa sukar belakangan ini.

“Pandemi punya stres dan punya issue-nya sendiri, dan setelah pandemi ini kita melihat banyak berita-berita negatif. Kita tahu kondisi dunia menuju resesi, banyak sekali negativity.”

“Makanya kita rasa IdeaFest perlu hadir kembali untuk memberikan energi, sebuah optimism, membuktikkan bahwa kita sebagai orang kreatif masih bisa memberikan inovasi terhadap kesulitan hari-hari ini,” tutur Ben.

Dalam satu dekade terakhir IdeaFest telah merangkul lebih dari 1500 ideation yang membantu mengajak kolaborasi pemateri dari berbagai macam bidang industri kreatif.

Sebagai salah satu festival paling diantisipasi dan berdampak, tahun ini IdeaFest memiliki target untuk menjangkau lebih dari 20 ribu audiens.

Sama seperti tahun sebelumnya, Ben melihat bahwa IdeaFest akan selalu berkomitmen untuk mewadahi para pelaku kreatif dalam mengembangkan potensinya tanpa adanya batasan. Sudah terbukti, ada sejumlah komunitas ternama dari insan kreatif yang mampu bersaing secara global dengan performa nan sangat berkualitas.

Maka dari itu, berbeda dari tahun sebelumnya, bukan promotor atau pihak dari IdeaFest yang menentukkan rangkaian acara, tetapi ada beberapa komunitas utama yang dilibatkan sebagai pembentuk acara. Adapun diantaranya adalah komunitas Utopia, Makna, Manual, Double Deer Group, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, 11th space, TFR, dan Volix.

Komunitas tersebut diberikan kesempatan untuk “unjuk gigi” dengan tujuan supaya ada sebuah ekosistem kreatif yang kemudian mampu memberdayakan pelaku industri kreatif melalui berbagai ide dan gagasan eksploratif yang segar, dapat terbangun dan senantiasa berkembang.

Masyarakat pun diundang untuk berkumpul, berdialog, dan menumbuhkan semangat kolaborasi yang positif.

Nah, bersama para partner community, IdeaFest 2022 akan menghadirkan beragam program seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex space.

Beberapa kegiatan program memang masih bersifat rahasia, tetapi intinya di IdeaFest 2022 kamu tidak hanya diajak untuk mendengarkan talkshow saja.

Ada kesempatan untuk melakukan aktivitas seru seperti konser musik dan kompetisi menghadirkan ide atau inovasi baru yang nantiya akan di pitching ke investor-investor dari perusahaan ternama.

Patrick Effendy, CEO Majelis Lucu Indonesia, juga sempat membocorkan beberapa rangkaian kegiatan yang akan dihadirkan di tahun ini oleh komunitasnya. Akan ada Lucu Fest sebagai panggung yang menghadirkan penampilan para stand up comedian dengan tema khusus seperti “Dulu Pernah Sukses”.

Lalu ada juga Forum Discussion Group yang menampilkan komedian, membahas isu berat dan serius, padahal dirinya tidak tahu apa-apa tentang isu tersebut. Konsepnya lebih meningkatkan awareness mengenai isu terkini, tetapi dibalut dalam komedi.

Menariknya nih, akan ada 1 ruangan berkonsep speed dating. Kamu berkesempatan untuk bertemu dengan para terapis. Namun, bukan terapis profesional, melainkan para komedian public figure yang sebenarnya orang bermasalah juga. Ruangan ini akan dihadirkan kembali setelah sempat booming pada IdeaFest 2019.

Bocoran terakhir, ada ruang anger room yang terbagi menjadi tiga tema yakni ruangan bernuansa kedai kopi, kantor, dan kamar kos. Disitu, akan ada manekin dan pemandu game, di mana kamu bisa mengeluarkan amarah dengan menempelkan muka siapapun yang ingin dicurahkan kemarahan tersebut.

“Kebanyakan komedian ini punya keresahan dan mental issue yang sangat luar biasa. Makanya kreatifnya juga luar biasa gila. Dan karena pandemi ini sangat menekan mereka, maka akhirnya timbullah ide-ide luar biasa, sehingga melahirkan produk komedi yang belum pernah dilakukan sebelumnya.”

“Kita jadi sadar kalau orang yang suka dengan komedi kita itu adalah orang yang membutuhkan healing, tetapi healing-nya dalam bentuk ketawa. Makanya tagline kita “Karena untuk healing, kalian butuh tertawa”,” tutur Patrick .

Nantinya komunitas yang hadir tidak hanya dari industri komedi saja, tetapi ada juga dari perfilman, mental health and well being, cultural and arts, entrepreneurship, media dan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai IdeaFest 2022, kamu bisa mengunjungi situs resmi di www.ideafest.id dan akun media sosial di @ideafestid.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News