Teknologi Budaya Neo atau yang lebih dikenal dengan nama NCT adalah kelompok anak laki-laki naungan agensi SM Entertainment yang debut pertama kali pada Januari 2016.

Jadilah satu kelompok anak laki-laki dari generasi ketiga, NCT memiliki konsep grup yang unik dan belum pernah ada di industri K-Pop sebelumnya.

Jika pada umumnya grup K-Pop sudah memiliki jumlah member yang tetap, NCT menawarkan konsep yang berbeda, grup ini akan selalu mendapatkan member tambahan yang akan debut di setiap sub-unitnya.

Hingga tahun 2022, NCT telah memiliki total 23 member yang masing-masing terbagi ke dalam 4 sub-unit, yakni NCT 127 dan NCT Dream (fokus promosi di Korea Selatan), Way V (fokus promosi di Cina), dan NCT U (tidak memiliki jumlah member tetap).

Beberapa bulan setelah debut dalam satu grup, sub-unit NCT U resmi diperkenalkan pada 9 April 2016, kemudian disusul oleh NCT 127 pada 7 Juli 2016, NCT Dream pada 25 Agustus 2016, dan terakhir WayV pada 17 Januari 2019.

Meski terbagi ke dalam 4 sub-unit, setiap unit tetap memiliki talenta dan keunikannya masing-masing yang membuat para fans bisa dengan mudah jatuh hati pada mereka, salah satu sub-unit NCT yang banyak difavoritkan adalah unit NCT Dream.

NCT Dream pada awalnya memiliki konsep tersendiri, ketujuh membernya (Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung) akan lulus dan meninggalkan grup saat mereka menginjak usia 19 tahun, kemudian unitnya akan diisi kembali oleh para member muda.

Tapi konsep kelulusan tersebut pada akhirnya dihapus setelah banyaknya dukungan dari para NCTzen yang meminta agar sub-unit ini tetap tampil ber-7 dalam kurun waktu yang lama

Pembatalan konsep ini pada akhirnya mampu membawa NCT Dream menuju puncak popularitas, pada awal tahun 2022, album mereka yang bertajuk “Glitch Mode” berhasil terjual sebanyak lebih dari 2,10 juta salinan.

Untuk semakin mengenal mereka lebih dekat, simak profil lengkap para member NCT Dream berikut ini.

Agama dan Profil Member NCT Dream

1. Mark Lee (Mark)

Agama Member NCT Dream

Member tertua di unit NCT Dream ini sebenarnya bukanlah warga asli Korea Selatan, ia lahir di Toronto, Canada pada 2 Agustus 1999.

Mark diketahui menganut agama Kristen, ia bahkan dikenal sebagai salah satu idola K-Pop yang rajin dan taat beribadah.

Sejak masa debutnya, Mark sering disebut sebagai idol yang paling sibuk lantaran ia juga tergabung dengan sub-unit lainnya, yakni unit NCT 127, NCT Dream, NCT U dan unit Super M (gabungan dari beberapa artis SM Entertainment).

Berkat darah seni yang mengalir dari kedua orang tuanya dan kerja keras yang ia jalani selama masa trainee, Mark berhasil menunjukkan seluruh kemampuannya dan membuktikan dedikasinya pada dunia musik di hadapan para penggemar K-Pop.

2. Huang Ren Jun (Renjun)

Agama Member NCT Dream
Agama Member NCT Dream

Sama seperti Mark, Renjun tidak berasal dari Korea Selatan, ia lahir di Cina pada 23 Maret 2000, dan diketahui sebagai penganut agama Budha.

Diperkenalkan sebagai member keenam yang tergabung dalam unit NCT Dream, Renjun menempati posisi sebagai vokal utama dan penari utama.

Tidak hanya bernyanyi dan menari, Renjun bahkan dijuluki sebagai idola K-Pop yang ‘bertangan emas’ karena semua hal yang dia kerjakan selalu terlihat menarik, ia bahkan bisa menggambar, membuat dekorasi, menghias kue, dan menjahit.

Sebelum menjadi seorang idol, Renjun sudah lebih dulu berkecimpung di dunia balet dan tari kontemporer yang membuat kemampuan menari-nya tidak bisa dianggap remeh, ia termasuk salah satu idola yang mahir di segala bidang.

3. Lee Donghyuk (Haechan)

Agama Member NCT Dream
Agama Member NCT Dream

Sama seperti Mark, Haechan juga tergabung dalam 3 sub-unit sekaligus yakni NCT Dream, NCT U, dan NCT 127.

Member NCT Dream yang beragama Kristen Protestan ini lahir pada 6 Juni 2000, dan bergabung dengan SM Entertainment saat dirinya masih berusia 14 tahun.

Haechan dikenal sebagai member NCT yang bersuara merdu, hal inilah yang membuatnya berhasil lolos dalam “Saturday Open Audition”, salah satu audisi tersulit yang diselenggarakan oleh SM Entertainment.

Walaupun menempati posisi sebagai vokalis utama, kemampuan menari Haechan juga tidak boleh diragukan, member yang disebut sebagai pembuat mood di grup ini bahkan bisa menghafal koreografi menari dalam waktu yang relatif cepat.

4. Lee Je No (Jeno)

Agama Member NCT Dream
Agama Member NCT Dream

Lahir pada 23 April 2000, member yang beragama Katolik ini menempati posisi sebagai penari utama, rapper utama, vokalis, dan juga visual dalam sub unit NCT Dream.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebelum menjadi seorang idol K-Pop, Jeno sudah lebih dulu wara-wiri di berbagai stasiun televisi Korea Selatan dengan menjadi model dan bintang iklan cilik.

Setelah menjalani masa peserta pelatihan selama 3 tahun, member yang memiliki bakat di bidang akting ini berhasil diperkenalkan sebagai salah satu member unit NCT Dream pada tahun 2016.

Meski sebelumnya diketahui sebagai penganut agama Katolik, ada beberapa sumber terbaru yang mengatakan bahwa Jeno kini sudah berubah menjadi Non-Religius.

5. Na Jae Min

Agama Member NCT Dream
Agama Member NCT Dream

Selain Jeno, Jaemin juga disebut sebagai member dengan visual yang memikat, bahkan jauh sebelum ia debut sebagai seorang idol K-Pop.

Member NCT Dream yang menempati posisi sebagai visual, rapper utama, penari utamadan vokalis ini diketahui tidak memiliki agama atau Non-Religius.

Sebelum bergabung dengan SM Entertainment, Jaemin lebih dulu aktif di dunia olahraga, ia pernah meraih peringkat kedua tingkat nasional dalam bidang olahraga skating cepat.

Selain olahraga, member NCT Dream yang lahir pada 13 Agustus tahun 2000 ini juga dikenal ahli dalam bermain piano, menulis lagu, dan melakukan tarian dansa yang tidak semua idol K-Pop bisa melakukannya.

6. Zhong Chenle (Chenle)

Agama Member NCT Dream
Agama Member NCT Dream

Sama seperti Renjun, Chenle adalah member NCT Dream yang berasal dari Cina, ia lahir di Shanghai pada 22 November 2001 dan menganut agama Budha.

Sebelum menekuni karirnya sebagai bintang K-Pop, ia lebih dulu dikenal sebagai penyanyi dan aktor cilik yang sudah membintangi beberapa film layar lebar Tiongkok.

Selain memiliki bakat dalam menyanyi, menari, dan akting, Chenle juga menguasai 4 bahasa sekaligus yakni Mandarin, Korea, Inggris, dan Jepang, hal ini tentu menjadikannya sebagai salah satu member terpopuler di kalangan fans.

7. Park Jisung (Jisung)

Agama Member NCT Dream
Agama Member NCT Dream

Jisung adalah member termuda (maknae) di unit NCT Dream, ia lahir pada 5 Februari 2002 di Seoul, Korea Selatan.

Sama seperti Jaemin, Jisung juga diketahui tidak menganut agama apapun (Non-Religius).

Bergabung dengan SM Entertainment sejak usianya masih 8 tahun, Jisung harus menjalani masa peserta pelatihan selama 6 tahun sebelum akhirnya resmi debut bersama keenam member NCT Dream lainnya.

Sebelum menjadi idol, Jisung sudah lebih dulu mengisi berbagai program televisi anak-anak sebagai seorang artis cilik.

Meski usianya masih terbilang muda, kemampuan dance Jisung tidak boleh dianggap remeh, ia termasuk salah satu member NCT yang menguasai beberapa jenis menari yang sulit, seperti kotoran dan penguncian.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai profil para member unit NCT Dream yang bisa membuatmu semakin tertarik untuk mengenal mereka.

Meski rata-rata usia para anggotanya masih muda, unit NCT Dream masih patut diperhitungkan di industri musik Korea Selatan saat ini.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai profil dan perjuangan para member NCT, kamu juga bisa membaca buku NCT – Untuk Dunia Karya dan buku Ara Yoo Grup Multiverse NCT oleh Kimora Wang.

Sama seperti idol grup K-Pop pada umumnya, para member NCT juga harus lebih dulu berjuang sebelum resmi debut dan menjadi idola dunia.

Tidak hanya paras yang rupawan dan talenta yang luar biasa, kamu juga harus mengetahui kisah perjalanan NCT dari awal debut sampai sekarang, dan apa saja bentuk perjuangan yang mereka lakukan.

Dengan konsep yang berbeda dan jumlah anggota yang tidak tetap, bagaimana NCT bisa tetap bertahan hidup di tengah ramainya idol K-Pop saat ini? Apa yang membuat agensi SM Entertainment mampu mengatur dan menjalankan 4 sub-unit grup sekaligus?

Kedua buku ini akan memberikanmu jawaban dan wawasan baru, terutama bagi kamu yang baru saja atau tertarik untuk bergabung menjadi NCTzen.

Buku-buku ini bisa kamu beli dengan mengakses Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon
Promo Diskon

Artikel ini bersumber dari buku.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News