Jakarta

Komnas HAM masih mendalami motif kasus pembunuhan yang diduga dilakukan eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Komnas HAM menilai motif pembunuhan Brigadir J bergantung pada keterangan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

“Terkait motif kami masih mendalami karena lagi-lagi ini juga bergantung pada keterangan Bu Putri. Kami sudah minta keterangan semuanya, kecuali Bu Putri, termasuk juga merekonstruksi peristiwanya baik dari Magelang sampai ke rumah Saguling untuk PCR terus sampai TKP, terus kemudian persoalannya belum lengkap,” kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kepada wartawan di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Beka menjelaskan, keterangan istri Ferdy Sambo dinilai penting lantaran dianggap mengetahui seluruh peristiwa pembunuhan Brigadir J. Dia juga menyebut belum dapat menyampaikan peran dari tiap pihak.

“Kalau soal peran pastinya kami belum ada kesimpulan karena kami baru minta keterangan Pak Ferdy Sambo Jumat kemarin. Sementara kalau sudah sampai kesimpulan itukan kami juga harus meminta keterangan Bu Putri,” jelas Bela.

“Kenapa Bu Putri penting? Karena dia pertama yang belum diperiksa oleh Komnas. Yang kedua adalah dia dianggap mengetahui semua kejadian yang ada sehingga peran dari masing-masing orang belum bisa disebutkan oleh Komnas,” sambungnya.

Lebih lanjut, Beka menuturkan Komnas HAM masih mempunyai tugas untuk mengkonstruksikan peristiwa lengkap pembunuhan Brigadir J. Peristiwa lengkap itu dari kejadian di Magelang hingga penembakan Brigadir J.

“Komnas HAM masih punya PR untuk menentukan atau mengkonstruksi peristiwa ini lengkap. Artinya itu dari Magelang tanggal 6 (Juli) terus tanggal 7, tanggal 8 seperti apa ketika kejadian itu ada, nah supaya lengkap sehingga harus bahwa konstruksi peristiwa di Magelang seperti apa, apa saja yang menjadi saksi, perannya apa saja,” imbuhnya.

Simak selengkapnya pada halaman berikutnya.

Sumber : news.google.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News