Setiap pendaki harus bisa mengumpulkan bekas sampahnya

Solok (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat melakukan pembersihan sampah di gunung Talang usai melaksanakan upacara hari ulang tahun Kemerdekaan ke-77 RI yang digelar Rabu (17/8).

“Alhamdulillah kegiatan pendakian berjalan lancar dan saya mengucapkan terima kasih juga kepada seluruh peserta pendakian yang telah ikut memeriahkan HUT RI ke-77 di puncak Gunung Talang,” kata Bupati Solok Epyardi Asda di Gunung Talang, Kamis.

Ia menyampaikan itu saat memimpin apel pagi dalam rangka persiapan turun dan melaksanakan pembersihan di area kemah cadas puncak gunung Talang dengan seluruh peserta yang mana kegiatan pendakian dimulai pada tanggal 16 sampai 18 Agustus 2022.

Bupati Solok mengajak seluruh pendaki di puncak gunung talang agar terlebih dahulu mengumpulkan sampah-sampah di sepanjang area puncak gunung serta di jalur pendakian secara bersama-sama sebelum turun dari puncak gunung tersebut.

Baca juga: 10 ribu pendaki meriahkan upacara HUT RI ke-77 di puncak Gunung Talang

Baca juga: Bupati lepas keberangkatan peserta upacara HUT RI di Gunung Talang

“Hal itu menunjukkan bahwa kita peduli dalam hal kebersihan, maka dari itu saya berharap setiap pendaki harus bisa mengumpulkan bekas sampahnya sendiri dan harus membawa ke bawah di kala kita akan turun,” kata dia.

Bupati Solok memang tidak langsung turun dari puncak Gunung Talang usai melaksanakan upacara HUT RI yang ke-77 pada Rabu (17/8) kemarin.

Ia menginap semalam di puncak gunung bersama para pendaki lainnya agar bisa mengikuti apel pagi dalam rangka persiapan turun dan melaksanakan pembersihan di area kemah cadas puncak Gunung Talang dengan seluruh pendaki.

Ia berharap dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan gunung talang tidak merusak keasrian gunung itu sendiri.

“Kita berharap supaya alam kita tetap terjaga dan indah di pandang, kita bukan perusak alam namun kita adalah cinta terhadap alam yang di ciptakan Tuhan,” ujar dia.

Bupati Solok mengajak semua OPD serta penggiat alam melaksanakan peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-77 di puncak gunung talang supaya dapat menghayati bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Di samping itu, setelah kegiatan bersih-bersih bupati Solok langsung memerintahkan tim dari PUPR Kabupaten Solok serta Pokdarwis setempat untuk melihat mata air yang akan dialirkan ke mushala dan bak penampung air minum untuk para pendaki Gunung Talang di masa akan datang.

Koordinator Lapangan (Korlap) Pendakian Pencinta Alam Wardesko didampingi Ketua Jalur Bukik Bulek Syairun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok beserta rombongan yang telah hadir di puncak Gunung Talang secara bersama penggiat alam se Indonesia untuk melakukan pendakian dan upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke 77.

“Selaku penggiat alam Kabupaten Solok kami bangga dengan bupati Solok yang begitu sangat mendukung kegiatan pendakian puncak Gunung Talang,” ujar dia.

Ia juga mengapresiasi bupati Solok yang akrab dengan para penggiat, naik bersama juga turun secara bersama-sama.

“Kami juga mengucapkan kepada kawan kawan penggiat dari daerah lain yang telah ikut menyukseskan kegiatan pendakian Gunung Talang,” ujar dia.

Ia berharap ke depan dalam rangka memperingati HUT RI pada tahun 2023 bupati juga berkenan untuk bisa hadir di puncak gunung talang bersama para penggiat alam.

Baca juga: Bupati Solok targetkan 20 ribu peserta upacara HUT RI di Gunung Talang

Baca juga: Pemkab Solok akan gelar upacara bendera 17 Agustus di Gunung Talang

 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News