Suara.com – Penyandang disabilitas pamerkan karya di W20 Summit di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara. Bahkan karya mereka dibeli para delegasi pertemuan Woman 20.

Kebanyakan yang dibeli adalah Scarf dan lukisan.

Kerajinan tangan hasil karya penyandang disabilitas yang dipamerkan pada ajang pertemuan W20 Summit ini beragam, mulai dari tenun, lukisan, tas dan juga syal atau scarf leher.

“Scarf dan lukisan paling banyak dibeli para delegasi W20,” kata Direktur Program Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia Dede Radinal kepada ANTARA, Kamis malam.

Melalui W20 Summit ini diharapkan bisa membuka peluang besar untuk karya anak-anak disabilitas di Indonesia menembus perdagangan internasional.

“Indonesia kaya akan budaya. Nah kita rasa bahwa pada kesempatan W20 ini bisa membuka peluang sebesar-besarnya buat anak-anak disabilitas Indonesia untuk lebih ke internasional,” ujarnya.

Baca Juga:
Kasus Dugaan Korupsi Kredit Macet BTN Medan, Direktur PT ACR Ditahan

Chair of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, menyebutkan, W20 adalah engagement group dalam forum G20 yang mewakili suara perempuan.

Isu yang diangkat antara lain kesetaraan gender di ruang publik, kesehatan, pemberdayaan ekonomi perempuan, serta pertahanan terhadap perempuan disabilitas dan perempuan pedesaan.

“Di bawah koordinasi W20, Indonesia dalam forum G20 membawa isu penting mengenai peran perempuan, khususnya di masa krisis pandemi, ekonomi, dan perubahan iklim,”ujar Adriani Uli Silalahi.

W20 Summit di Danau Toba mendatangkan para delegasi dari sejumlah dunia untuk memutuskan hal apa yang akan diajukan W20 untuk deklarasi di G20 pada Desember 2022.

“Isu prioritas W20 antara lain diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marginal dan kesehatan,” ucapnya.

Peserta pertemuan sebanyak 56 dari India, Australia, Indonesia, Uni Eropa, Rusia, Italia, Singapura, Jepang, Perancis, Korea Selatan, Turki, Afrika Selatan, Argentina, Jerman, USA, Swedia. (Antara)

Baca Juga:
Warung Lesehan Jadi Tempat Mesum, Pasangan Panik Ketahuan


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News