Pensiunan Perwira Tinggi AD, AU dan AL Kepercayaan Prabowo. wikipedia ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hadir pada Kongres XVI Fatayat Nahdlatul Ulama (BUKAN) di JSC Palembang, Sumatera Selatan. Ia didampingi oleh lima purnawirawan perwira tinggi TNI.

Kelimanya terdiri dari pensiunan Jenderal bintang tiga sampai empat dari tiga matra.

Dari lima orang tersebut, ada mantan Kasau hingga jenderal darah Kopassus. Penasaran? Berikut ulasan profil selengkapnya, Kamis (28/7).

2 dari 6 halaman

Mantan Kasau Imam Sufaat

Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat adalah salah satu dari kelima jenderal yang setia mendampingi Menhan Prabowo Subianto. Perlu diketahui, pria kelahiran 27 Januari 1955 ini merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara dari 17 November hingga 17 Desember 2012 lalu.

profil 5 jenderal setia dampingi prabowo ada eks kasau amp jenderal darah kopassus

© 2022 Merdeka.com

Ia ditunjuk menggantikan Marsekal TNI Soebandrio sebagai Kasau. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Kasau.

Perlu diketahui, Imam Sufaat juga pernah menjabat Panglima Komando Operasi I TNI AU.

3 dari 6 halaman

Letjen (Purn) Sjafrie

Sosok selanjutnya ialah Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin. Ia merupakan Wakil Menteri Pertahanan Indonesia yang menjabat dari 6 Januari 2010 hingga 20 Oktober 2014 lalu.

Pria yang lahir pada 20 Oktober 1952 ini juga merupakan mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. Sebelumnya, Sjafrie pernah menjabat pula sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI.

profil 5 jenderal setia dampingi prabowo ada eks kasau amp jenderal darah kopassus

© 2022 Merdeka.com

Jabatan Kapuspen dijalaninya dari tahun 2002 hingga 2005 silam. Sementara di pada tahun 1990 silam, Sjafrie juga sempat menjadi seorang Satgas Kopassus Timor Timur.

4 dari 6 halaman

Laksdya (Purn) Didit Ashaf

Laksamana Madya TNI (Purn) Didit Herdiawan Ashaf merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI AL. Ia sempat menjabat sebagai seorang Irjen Kemhan RI pada tahun 2019 lalu.

Didit adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-29 tepatnya pada tahun 1984. Jabatan terakhir dari jenderal bintang tiga ini adalah sebagai Kasum TNI.

profil 5 jenderal setia dampingi prabowo ada eks kasau amp jenderal darah kopassus

© 2022 Merdeka.com

Diketahui, Didit adalah sosok pria yang berhasil meraih gelar S3-nya di Institut Pertanian Bogor.

5 dari 6 halaman

Letjen (Purn) Agus Sutomo

Berikutnya adalah sosok Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Sutomo yang merupakan perwira tinggi TNI AD yang sempat menjabat sebagai Irjen Kemhan RI. Dirinya juga pernah mengemban tugas sebagai Komandan Sesko TNI menggantikan Letjen TNI Sonny Widjaja yang sudah pensiun.

Sedari Juli 2015 hingga Februari 2016 ia juga mengemban tugas sebagai Komandan Kodiklat TNI AD. Agus merupakan alumnus Akademi Militer (Akmil) tahun 1984 dan berasal dari kecabangan infanteri serta cukup lama berkarier di Kopassus.

profil 5 jenderal setia dampingi prabowo ada eks kasau amp jenderal darah kopassus

© 2022 Merdeka.com

Ia menjabat berbagai jabatan strategis di TNI AD antara lain adalah komandan Paspampres pada tahun 2011 sampai 2012. Dan sempat memimpin Kopassus yang bermarkas di Cijantung sebagai Komandan Jenderal Kopassus selama kurang lebih dua tahun dari 2012 hingga 2014.

6 dari 6 halaman

Letjen Purn Anto Mukti Putranto

Letnan Jenderal TNI (Purn) Anto Mukti Putranto merupakan seorang purnawirawan yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD. Pria kelahiran 26 Februari 1964 ini merupakan lulusan Akmil 1987 dan berpengalaman dalam Infanteri.

profil 5 jenderal setia dampingi prabowo ada eks kasau amp jenderal darah kopassus

© 2022 Merdeka.com

Jabatan terakhir dari Jenderal Bintang Tiga ini adalah Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya. Dirinya telah mengikuti Pendidikan Dasar Kecabangan Infanteri, Pendidikan Lanjutan Perwira Infanteri, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat.

Selain itu ia juga mengikuti Sekolah Staf dan Komando TNI.

[bil]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News