BolaSkor.com – Serie A 2022-2023 akan dimulai pada 13 Agustus mendatang. Juara bertahan Serie A, AC Milan, akan memulai laga pertama melawan Udinese di waktu bersamaan dengan laga Sampdoria kontra Atalanta, yakni Sabtu (13/07) pukul 23.30 WIB.

AC Milan tidak akan mudah mempertahankan titel Serie A musim ini karena rival-rival mereka, seperti Juventus dan Inter Milan, siap kembali bertarung merebutkannya musim ini. Apalagi mereka telah berbenah di musim panas 2022.

Jangan lupa juga tim-tim kuda hitam Serie A yang akan bersaing merebutkan posisi di empat besat atau zona Liga Champions, hingga tim yang siap menganggu tim calon juara kuat musim ini.

Baca Juga:

Ronaldo: Inter dan Juventus Bersaing, Milan Gagal

Cari Pengganti Paul Pogba, Juventus Incar Dua Gelandang Sekaligus

Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2022-2023

Redaksi BolaSkor.com telah menyiapkan analisis mengenai profil calon juara dan juga kuda hitam perebutan titel Serie A 2022-2023. Berikut penjabarannya:

Calon Juara

1. Inter Milan

Stadion: Giuseppe Meazza
Pelatih: Simone Inzaghi
Posisi Musim Lalu: Pemenang kedua
Pemain Kunci: Lautaro Martinez, Romelu Lukaku, Hakan Calhanoglu, Milan Skriniar, Samir Handanovic
Kapten: Samir Handanovic

Musim pertama Simone Inzaghi sebagai pelatih musim lalu berakhir dengan titel Piala Super Italia dan Coppa Italia, tidak buruk. Musim ini pun skuad bertambah kuat dengan masuknya Henrikh Mkhitaryan dan Romelu Lukaku.

Sudah jelas Il Nerazzurri akan jadi kandidat kuat peraih Scudetto musim ini, terlebih pemain-pemain kunci mereka masih ada dalam skuad saat ini.

Dengan formasi tiga bek yang masih terbukti efisien diterapkan di Serie A, Inter hanya perlu konsistensi bermain untuk kembali memenangi Scudetto. Duet Lukaku dan Lautaro Martinez di depan cukup berbahaya.

2. Juventus

Stadion: Stadion Allianz
Pelatih: Massimiliano Allegri
Posisi Musim Lalu: Empat
Pemain Kunci: Angel Di Maria, Paul Pogba, Dusan Vlahovic, Federico Chiesa, Leonardo Bonucci
Kapten: Leonardo Bonucci

Dua musim absen memenangi Scudetto dan Allegri telah menegaskan, apabila Juventus punya kewajiban memenangi titel Serie A. Musim ini pun bisa jadi akhir penantian Scudetto Juventus dengan rekrutan anyar yang datang.

Dua pemain berpengalaman dan berkualitas datang, yakni Angel Di Maria dan Paul Pogba, belum lagi dengan Bek Terbaik Serie A musim lalu Gleison Bremer.

Jika pemain seperti Federico Chiesa dan Dusan Vlahovic fit sepanjang musim, serta Juventus menemukan konsistensi bermain, alarm peringatan tentunya untuk juara bertahan: AC Milan. Apalagi Allegri pelatih yang pragmatis dan mementingkan hasil akhir.

3. AC Milan

Stadion: San Siro
Pelatih: Stefano Pioli
Posisi Musim Lalu: Juara
Pemain Kunci: Rafael Leao, Olivier Giroud, Theo Hernandez, Sandro Tonali, Zlatan Ibrahimovic
Kapten: Davide Calabria

Start juara bertahan Serie A cukup lamban di musim panas 2022. Mereka baru merekrut dua pemain yakni Divock Origi dan Charles De Ketelaere, namun di satu sisi berbeda sudah ditinggal bek berpengalaman Alessio Romagnoli dan juga gelandang andalan Franck Kessie.

Kendati skuad tak mengalami perubahan signifikan, tapi Milan tak bisa lagi selalu mengandalkan dua striker veteran, Olivier Giroud dan Zlatan Ibrahimovic, yang jika dikombinasikan berusia 75 tahun.

Kolektivitas bermain akan jadi andalan Milan dalam upaya mempertahankan titel Serie A, selain mengandalkan kualitas individu yang dimiliki pemain seperti Rafael Leao, Junior Messias, Sandro Tonali, dan Charles De Ketelaere.

Kuda Hitam

4. AS Roma

Stadion: Stadion Olimpiade
Pelatih: Jose Mourinho
Posisi Musim Lalu: Lagi
Pemain Kunci: Tammy Abraham, Paulo Dybala, Nicolo Zaniolo, Lorenzo Pellegrini
Kapten: Lorenzo Pellegrini

Juara UEFA Conference League musim lalu. Musim kedua Jose Mourinho di AS Roma, menarik untuk dinanti bagaimana akhirnya. Apalagi musim ini Il Giallorossi tak bisa dianggap remeh dan bisa jadi kuda hitam Scudetto.

Pemain kunci dari musim lalu masih ada seperti Tammy Abraham, Lorenzo Pellegrini, dan Nicolo Zaniolo. Belum lagi mereka kini memiliki Nemanja Matic, pemain berpengalaman, dan Paulo Dybala yang sudah mengenal kesuksesan dengan Juventus.

Kombinasi skuad yang dimiliki serta pelatih bermental juara seperti Jose Mourinho sudah cukup menjadikan Roma sebagai ancaman bagi tim rival.

5. Napoli

Stadion: St. Paul
Pelatih: Luciano Spalletti
Posisi Musim Lalu: Tiga
Pemain Kunci: Victor Osimhen, Piotr Zielinski, Hirving Lozano, Adam Ounas
Kapten: Giovanni Di Lorenzo

Cukup sulit menempatkan Napoli sebagai salah satu kandidat juara Serie A musim ini, sebab mereka sudah ditinggal dua pemain kunci dan berpengalaman di lini serang mereka, yakni Lorenzo Insigne dan Dries Mertens. Serta satu pemain kunci di pertahanan, Kalidou Koulibaly.

Tanpa tambahan sepadan untuk kedua pemain itu sulit bagi Napoli bersaing, meski tim masih dilatih Luciano Spalletti yang menyatukan skuad dan menjadikan tim kuda hitam di musim lalu. Napoli bisa jadi kesulitan atau justru menjadi kuda hitam.


Artikel ini bersumber dari bolaskor.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News