Habib Zen bin Smith. Kabar duka datang dari Habib Zein bin Smith yang meninggal dunia karena sakit, Rabu, 10 Agustus 2022. Foto: Republika

KURUSETRA — Salam Sedulur… Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah sekaligus Mustasyar PBNU Habib Zen bin Umar bin Sumaith meninggal dunia pada hari Rabu, 10 Agustus 2022.

Mantan ketua umum Rabithah Alawiyah ini menghembuskan nafas terakhir di RS JMC, Jakarta Selatan, setelah empat hari mendapatkan perawatan. Semasa hidupnya, Habib Zen merupakan seorang ahli fiqih, hingga mendapatkan julukan Syafi’i Shoghir (Imam Syafi’i Kecil).

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un turut berduka cita atas meninggalnya Rabithah Alawiyah Ketua Majelis Syuro kami Habib Zein bin Umar bin Sumaith,” pernyataan resmi DPP Rabithah Alawiyah, Rabu, 10 Agustus 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

PROFIL HABIB ZEN

Habib Zen termasuk dalam Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027. Habib Zen memiliki marga Sumaith, karena penyebutan yang cukup sulit, akhirnya marga Sumaith lebih dikenal dengan Smith.

Habib Zein lahir di Jakarta pada 1936. Ayahnya, Habib Ibrahim adalah salah satu ulama besar di Jakarta. Dengan dukungan lingkungan yang religius, Habib Zein sudah menimba ilmu agama sejak kecil.

Dzurriyah Nabi ini sering diajak ayahnya berkunjung ke berbagai ulama-ulama besar. Selain untuk berziarah dan bersilaturahim, Habib Zein juga diajak untuk mendapatkan ilmu dari para ulama yang didatanginya.

Salah satu acara yang pernah diikuti Habib Zein ketika kecil adalah acara saddah ‘Alawiyyin yang bermukim di Bogor. Semenjak itu Habib Zein mulai mendalami agama Islam dari Habib Alwi dan Habib Ali bin Abdurrahman al- Habsyi.

Ketika remaja tepatnya di usia 14 tahun Habib Zein sempat ingin diberangkatkan ke kota Tarim. Namun karena terbentur biaya, akhirnya Habib Zein berkelana di Nusantara untuk menimba ilmu dari satu pondok dan madasrah ke satu pondok dan madrasah lainnya. Ia juga sempat menjadi santri di Pesantren Ribath Tarim.

Habib Zein juga bergabung dengan NU dan menjadi salah satu nama besar, bagian dari Mustasyar PBNU. Padahal jabatan sebagai Mustasyar PBNU belum genap 1 tahun dijalankan, namun Habib Zein lebih dulu menghembuskan nafas terakhir.

Jenazah Habib Zein dimakamkan di Pemakaman Habib Kuncung Kalibata, Kamis, 11 Agustus 2022.


Artikel ini bersumber dari kurusetra.republika.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News