Suara.com – Pemilu 2024 akan segera tiba, kemungkinan dalam kurun waktu satu tahun mendatang. Pada saat ini, sudah banyak partai politik yang mendaftar sebagai peserta pemilu 2024.

Jika Anda belum tahu partai politik apa saja, silahkan lihat profil partai politik yang sudah daftar Pemilu 2024 per tanggal 2 Agustus 2022 berdasarkan situs resmi KPU berikut ini.

1. PDI Perjuangan

Profil partai politk yang sudah daftar pemilu 2024 dan pasti akan dicari adalah PDI Perjuangan. PDI Perjuangan didirikan pada masa orde baru, tepatnya tanggal 10 Januari 1973. Megawati Soekarno Putri merupakan ketua umum PDI Perjuangan selama periode 1998-2003.

Baca Juga:
Bakal Kawal, Mahfud MD Bantah Proses Pemilu Tersendat karena Dana dari Pemerintah Lambat Cair

Penetapan Megawati Soekarno Putri sebagai ketua umum dilaksanakan setelah digelar kongres PDI perjuangan kelima di Denpasar, Bali, pada 1998.

2. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)

Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) merupakan partai politik Indonesia yang berawal dari Gerakan Keadilan dan Persatuan Bangsa (GKPB). Pendirian partai digagas oleh Siswono Yudhohusodo, Sarwono Kusumaatmadja, David Napitupulu, dan Tatto S. Pradjamanggala.

Partai digagas pertama kali tahun 1998. Kemudian pada 15 Januari 1999 diresmikan namanya menjadi Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) oleh Panglima ABRI Edy Sudrajat, yang lalu menjabat sebagai ketua umum.

3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Baca Juga:
Usai Mendaftar ke KPU, Partai Reformasi, Partai PRIMA, hingga Partai Besutan Farhat Abbas Masih Diminta Lengkapi Dokumen

Profil partai politik yang sudah daftar pemilu 2024 selanjutnya adalah PKS. Partai tersebut didirikan pada 20 Juli 1998. Sebelum menjadi PKS, partait tersebut bernama Partai Keadilan (PK). Namanya resmi diubah pada 3 Juli 2003 menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

4. Partai Reformasi

Secara resmi berdiri pada 27 Mei 2000 dan belum pernah mengikutii pemilihan umum. Pada pemilu 2019, partai reformasi pernah mendaftar, namu gagal karena tidak lolos verifikasi KPU. Saat ini, ketua umum Partai Reformasi Syamsahril Kamal.

5. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)

Partai Rakyat Adil Makmur berdiri pada 20 Juli 2020 dan merupakan partai kelanjutan dari Partai Rakyat Demokratik. Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur saat ini adalah Agus Jabo Priyono. Ia juga merupakan mantan Ketua Umum PRD periode 2015-2020.

6. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Profil partai politik yang sudah daftar pemilu 2024 berikutnya ialah Perindo yang didirikan oleh Hary Tanoesudibjo pada 8 Oktober 2014. Keberadaan partai Perindo secara resmi dideklarasikan pada 7 Februari 2015 di Jakarta.

7. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

Dulunya merupakan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Nasdem. Surya Paloh dan Sri Sultan Hamengkubuwono X merupakan inisiator pendiri ormas Nasdem. Setahun setelah menjadi ormas, Nasdem berubah menjadi Partai Nasdem dan dideklarasikan secara resmi pada 27 Juli 2011.

8. Partai Bulan Bintang (PBB)

Partai Bulan Bintang dipimpin oleh Yusril Ihza Maendra, bertindak sebagai ketua umum. Sedangkan MS Kaban berkedudukan sebagai sekretaris jenderal. PBB termasuk partai lama yang kerap muncul dalam pesta pemilu.  PBB pernah mengikuti pemilu 2004, 2009, 2014, dan 2019.

9. Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai)

Didirikan oleh Farhat Abbas dan rekan advokatnya Elza Syarief, partai ini secara resmi berdiri pada akhir 2020. Farhat Abbas berkedudukan sebagai ketua umum dan Elza sebagai wakil ketua umum. Farhat Abbas menyebut Pandai membidik pemilih dari kalangan kaum perempuan, pelajar, dan tenaaga kerja luar negeri.

Demikian itu profil partai politik yang sudah daftar pemilu 2024. Daftar akan segera diupgrade kalau sudah terkumpul informasi terbaru update-an partai yang menyusul mendaftar sebagai peserta pemilu 202.

Kontributor : Mutaya Saroh


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News