IntipSeleb Gaya Hidup – Siapa yang tak kenal Saoirse Ronan? Aktris cantik yang lahir di New York, Amerika Serikat pada 12 April 1994. Ia mendapat julukan sebagai Queen of Romance, karena dirinya banyak membintangi berbagai jenis film terutama genre Romance dengan kepiawaiannya dalam berakting.

Ronan memulai kariernya di dunia seni peran dengan membintangi drama medis berjudul The Clinic di tahun 2003. Saat itu, ia masih berusia 9 tahun. Kemudian, ia debut sebagai aktris layar lebar lewat film komedi romantis berjudul I Could Never Be Your Woman yang mulai difilmkan tahun 2005, tapi ditayangkan tahun 2007.

Meski demikian, namanya baru benar-benar melambung setelah ia bermain dalam Atonement di tahun 2007. Dalam film ini, ia beradu akting dengan James McAvoy dan Keyra Knightley. Bahkan berkat aktingnya yang memikat di film itu, Ronan sampai masuk nominasi Academy Award untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

Penasaran bagaimana profil lengkap dan juga fakta dari Saorise Ranon? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Memiliki nama lengkap Saoirse Una Ronan, aktris cantik ini lahir pada 12 April 1994 yang merupakan seorang aktris Irlandia dan Amerika.

Ronan adalah anak satu satunya dari pasangan Irlandia, Monica (née Brennan) dan Paul Ronan, yang berasal dari Dublin. Ayahnya bekerja sebagai kontraktor dan Bar sebelum menjadi aktor di New York.

Kemudian, Ronan dan orang tuanya pindah kembali ke Dublin ketika dia berusia tiga tahun. Dia dibesarkan untuk waktu yang singkat di Ardattin, County Carlow di mana dia bersekolah di Ardattin National School.

Ronan bersekolah di rumah dengan diajarkan oleh guru. Di awal remaja, Ronan pindah kembali ke Dublin bersama orang tuanya, menetap di desa tepi laut Howth yang dibesarkan sebagai seorang Katolik

Ia terkenal karena karyanya dalam drama dan menerima beberapa penghargaan. Penghargaan itu termasuk Golden Globe Award yang telah dinominasikan untuk empat Academy Awards dan empat British Academy Film Awards.

Ronan melakukan debut aktingnya dengan serial drama medis Irlandia The Clinic pada tahun 2003 dan penampilan film pertamanya adalah dalam peran pendukung dalam komedi romantis I Could Never Be Your Woman pada 2007.

Selanjutnya, Ronan membintangi film Antonement (2007), di mana ia dinominasikan di Academy Award kategori Aktris Pendukung Terbaik. Ia juga membintangi The Lovely Bones (2009) dan seorang pembunuh remaja di Hanna (2011), dan aktris pendukung yang berperan sebagai tukang roti di The Grand Budapest Hotel (2014).

Kerennya, Saoirse Ronan memerankan seorang gadis seorang gadis Irlandia yang rindu akan kampung halamannya di New York pada 1950-an di drama romantis Brooklyn (2015). Dalam film itu, ia berperan sebagai seorang siswa sekolah menengah atas dalam film Greta Gerwig, Lady Bird (2017).

Berkat bakat aktingnya, ia memenangkan penghargaan Golden Globe Award kategori Aktris Terbaik dan mendapatkan nominasi untuk Academy Award kategori Aktris Terbaik untuk kedua film.

Pinterest

Foto : Pinterest

  • Ronan pernah menjalani casting untuk peran Luna Lovegood dalam film Harry Potter Order of Phoenix, tapi gagal.
  • Ia memang lahir di Amerika Serikat. Namun, saat berusia 3 tahun ia diajak orang tuanya untuk pindah ke Irlandia.
  • Wanita cantik yang satu ini memiliki kewarganegaraan ganda karena ia lahir di amerika Serikat, lalu pindah ke Irlandia, kemudian pindah ke Amerika Serikat lagi.
  • Banyak orang yang kesulitan mengeja namanya.
  • Ia mendapatkan ciuman pertamanya saat berakting dalam film I Could Never Be Your Woman (2007).
  • Tahun 2016, ia masuk dalam daftar 30 Under 30 versi majalah Forbes.
  • Pada 2020, ia menduduki peringkat 6 dalam daftar aktor/aktris film terbaik Irlandia sepanjang masa versi The Irish Times.
  • Pernah menjadi model video klip lagu Ed Sheeran yang berjudul Galway Girl.
  • Dia dekat dengan orang tuanya dan tinggal bersama mereka sampai dia berusia 19 tahun.
  • Menjadi duta Irish Society for the Prevention of Cruelty to Children.
  • Ia saling jatuh cinta dengan Jack Lowden yang kini menjadi kekasihnya saat sama-sama bermain dalam film.
  • Mary Queen of Scots. Mereka mulai pacaran sejak tahun 2018.
  • Ia tidak pernah membaca review film yang ia perankan.
  • Bakat akting yang mengalir dalam darahnya ternyata berasal dari ayah dan ibunya yang juga pemain seni peran. Ayahnya pernah bermain dalam film New York Undercover.
Pinterest

Foto : Pinterest

Masa kecil Ronan yang dihabiskan dengan menemani ayahnya bekerja di balik layar sebuah film. Hal itu membuatnya tertarik untuk menekuni dunia perfilman.

Ia memulai debut akting perdananya dengan tergabung dalam sebuah drama televisi buatan Irlandia yaitu THE CLINIC pada tahun 2003. Selain THE CLINIC, Ranon juga membintangi drama televisi lain yang berjudul PROOF sepanjang tahun 2004 – 2005.

Debut pertama Ranon di layar lebar pada penyiar nasional Irlandia RTÉ, dalam drama medis prime time 2003 The Clinic dan ia kemudian muncul dalam mini series Proof.

Dalam waktu yang sama, Ronan mengikuti audisi untuk bermain Luna Lovegood di Harry Potter dan Orde Phoenix, peran yang akhirnya dia perankan oleh Evanna Lynch.

Film pertama Ronan adalah komedi romantis oleh Amy Heckerling berjudul I Could Never Be Your Woman, yang difilmkan pada 2005. Dalam film tersebut, Ronan memerankan karakter anak perempuan dari Michelle Pfeiffer dan Paul Rudd berperan sebagai pasangan Pfeiffer.

Kemudian, pada saat ia berusia 12 tahun, ia mendapatkan panggilan untuk mengikuti sebuah kasting film berjudul ATONEMENT yang diadaptasi dari novel karangan Ian McEwan. Penampilannya yang memukau di film tersebut membuatnya sukses mencuri perhatian para pengamat film.

Bahkan saat itu, Ronan mendapatkan nominasi sebagai artis pendukung terbaik dalam ajang Golden Globe dan Academy Awards. Sejak saat itu semakin dikenal luas oleh publik Irlandia dan Amerika sebagai artis terkenal.

Selanjutnya, dii tahun 2009, ia bermain bersama Rachel Weisz dan Stanley Tucci di film THE LOVELY BONES yang diadaptasi dari buku karangan Alice Sebold. Atas film ini ia diganjar penghargaan dari Critic’s Choice Award di tahun yang sama.

Selain film komersil, Ronan juga berakting di film dokumenter yang berjudul MY LEFT FOOT. Film ini adalah film dokumenter Irlandia yang menceritakan tentang sejarah kedatangan John F. Kennedy. Film ini ditayangkan pada bulan November 2011.

Tak sampai di situ, Saoirse Ronan membintangi film seperti Violet dan Daisy, Byzantium dan film horor vampir The Guest. Demi menggarap film tersebut, aktris tersebut menolak membintangi The Hobbit karya Peter Jackson dan Anna Karenina karya Joe Wright.

Pada tahun 2014, Saoirse berperan sebagai Agatha dalam film The Grand Budapest Hotel. Film ini memenangkan Penghargaan Golden Globe 2015 untuk Film Terbaik.

Kemudian, pada tahun 2015 Saoirse Ronan pindah ke New York.Pada saat ini, celengan filmografinya diisi ulang dengan film-film seperti “Stockholm. Pennsylvania “dan” Brooklyn “. Film pertama adalah drama psikologis tentang seorang gadis yang diculik saat masih bayi.

Film keduanya di tahun 2015 adalah melodrama tentang seorang wanita muda Irlandia yang pindah ke Brooklyn untuk mencari kehidupan baru. Untuk perannya dalam film ini, aktris itu dinominasikan untuk Oscar, tetapi patung itu jatuh ke tangan Brie Larson, yang bermain dalam drama psikologis “Room”.

Pada tahun 2017, Saoirse Ronan membintangi drama komedi Lady Bird, karakter utama yang mencoba untuk menjadi berbeda dan menemukan tempatnya dalam kehidupan. Serta ia juga membintangi dalam film On the Shore, berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh Ian McEwan.

Pada tahun 2018, impian lama Saoirse Ronan untuk bermain sebagai Ratu Mary Stuart menjadi kenyataan. Aktris ini membintangi film Josie Rourke “Two Queens”, ia berperan sebagai Ratu Elizabeth I pergi ke Margot Robbie.

Ronan saat ini sedang mempersiapkan pembuatan film film Wes Anderson “French Dispatcher”. Film tersebut juga akan menampilkan Jeffrey Wright, Benicio del Toro, Bill Murray, Tilda Swinton dan Frances McDormand. (rth)

Artikel ini bersumber dari www.intipseleb.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News