TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 dunia pada Rabu, 17 Agustus 2022, di urutan pertama adalah berita tentang kisah hidup Presiden Kenya yang baru, William Ruto. Sebelum menjadi orang nomor satu di Kenya, Ruto menjalani hidup yang penuh perjuangan.

Sewaktu SD, Ruto tak punya sepatu. Dia juga biasa berjualan ayam di toko kaki lima.

Sosok Ruto kecil memiliki kecerdasan yang hebat. Saat Ruto naik ke kursi kepresidenan negaranya, perasaan tetangganya bercampur bangga sekaligus tak percaya.

Di urutan kedua adalah berita tentang pasukan keamanan Rusia mendarat di bandara Gao, Mali utara pada Senin, 15 Agustus 2022, di hari terakhir tentara Prancis menyelesaikan operasi mereka dan meninggalkan kota. Hal ini diungkap lewat dokumen militer Jerman tertanggal Selasa, 16 Agustus 2022.

Berikut top 3 dunia selengkapnya:

1.Kisah William Ruto, Dulu Jualan Ayam Sekarang Jadi Presiden Kenya

William Ruto pada Senin, 15 Agustus 2022 resmi ditetapkan sebagai Presiden Kenya yang baru, walau kubu oposisi masih meributkan terpilihnya Ruto sebagai orang nomor satu di Kenya.

Kenya adalah sebuah negara di wilayah Afrika Timur. Sedangkan Ruto, sebelumnya dikenal sebagai mantan wakil presiden Kenya.

Perjalanan Ruto hingga akhirnya menjadi orang nomor satu di Kenya, sangat panjang.

Di perbukitan merah di luar kota Eldoret, wilayah barat Kenya, warga sekitar mengingat  Ruto hanya seorang murid sekolah, yang bertelanjang kaki dan biasa jualan ayam di warung kaki lima pinggir jalan.

Baca selengkapnya di sini

Presiden Kenya terpilih William Ruto. REUTERS/Thomas Mukoya

2.Pasukan Prancis Ditarik, Tentara Rusia Masuk Mali

Pasukan keamanan Rusia  mendarat di bandara Gao, Mali utara pada Senin, 15 Agustus 2022, di hari terakhir tentara Prancis menyelesaikan operasi mereka dan meninggalkan kota, menurut dokumen militer Jerman tertanggal Selasa, 16 Agustus 2022.

Partisipasi Berlin dalam misi penjaga perdamaian PBB di Mali telah menjadi kontroversi selama beberapa waktu di Jerman karena negara Afrika Barat itu memperdalam hubungan era Soviet dengan Rusia.

Tentara bayaran dari Grup Wagner, sebuah perusahaan militer swasta yang dekat dengan Kremlin, mendukung tentara Mali dalam memerangi pemberontak Islam sejak akhir tahun lalu.

Baca selengkapnya di sini

Barisan Paskibra yang bertugas mengibarkan bendera di Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Lapangan Monas, Rabu, 17 Agustus 2022. Anies bertindak sebagai inspektur upacara. Instagram/Anies Baswedan

3.Daftar 10 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Indonesia resmi mengumumkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Proses kemerdekaan Indonesia yang diraih tak semata-mata atas perjuangan dari dalam, tetapi juga adanya pengakuan dari negara lain.

Diketahui ada beberapa negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Di antaranya adalah Mesir. Secara faktanyaMesir mengakui Indonesia merdeka pada 22 Maret 1946.

Sebelum proklamasi, Palestina termasuk negara terdepan yang mengucapkan selamat kepada Indonesia tepatnya pada 6 September 1944. Melalui Radio Berlin, Jerman, Syekh Muhammad Amin Al Husaini mengungkapkan rasa bahagianya atas kemerdekaan Indonesia. Deklarasi dari Palestina sangatlah penting untuk memacu semangat perjuangan para pahlawan kedepannya.

Baca selengkapnya di sini

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google Berita, klik di sini.


Artikel ini bersumber dari dunia.tempo.co.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News